Hai Netizen, Kini Ada Aplikasi Untuk Menganalisa Hoax

23-05-2017 01:05:22 By Ganest Afliant
img

JakartaVenue | Hoax atau informasi menyesatkan yang saat ini meraja lela bertebaran di media sosial sangat membuat resah masyarakat. Pasalnya informasi sesat tersebut masih belum bisa disikapi dengan baik oleh para warga net. Kebanyakan berita hoax itu langsunng ditelan mentah-mentah oleh netizen dan dibagikan di jejaring sosial mereka.

Padahal pemerintah dan juga pihak-pihak lainnya telah banyak mengkampanyekan anti hoax dan malahan telah dibuatkan undang-undang perihal penyebaran berita bohong itu, tapi entah mengapa masih saja ada masyarakat yang terjebak untuk menyebarkan hoax.

Dalam membantu masyarakat mengatasi masalah hoax, rekan-rekan mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) membuat sebuah aplikasi bernama hoaxanalyzer.com yang berguna untuk menganalisa apakah berita yang dibagikan di media sosial itu hoax atau bukan.

Berikut isi pembuka pada laman website penganalisa hoax dalam Bahasa Indonesia:

“Terimakasih telah tertarik dengan proyek aplikasi kami. Akan tetapi, aplikasi ini masih dalam tahap pengembangan. Sehingga aplikasi ini masih memiliki banyak bugs, hasil yang tidak akurat, kasus yang belum ditangani, dan lain-lain. Tolong gunakan aplikasi ini dengan bijak, kami tidak dapat menjamin apapun. Umpan balik terhadap hasil yang diberikan sangat kami butuhkan, silakan gunakan fitur yang tersedia.”

“Selain itu, perhitungan probabilitas di atas berdasarkan pengecekan terhadap hasil teratas dari mesin pencarian yang kami gunakan. Harap cek kembali artikel di referensi untuk memastikan kebenaran hasil yang kami berikan.”

Kemudian pengunjung web langsung diarahkan untuk mencoba aplikasi tersebut “OK, Coba Hoax Analyzer!”

Pada bagian bawah terdapat kolom untuk Anda masukkan artikel atau konten, caranya adalah salin berita yang menurut Anda meragukan dan salin pada kolom tersebut, setelah itu pilih “Analyze” dan aplikasi ini akan menganalisa informasi tersebut.

Memang aplikasi ini belumlah sempurna, seperti yang sudah dijelaskan pada tulisan pembuka bahwa hoax analyzer in masih dalam tahap pengembangan dan masih memiliki banyak bugs. Maka dari itu dituliskan pula agar para pengunjung menggunakan aplikasi ini dengan bijak dan sangat membutuhkan masukan untuk perbaikan.

Penulis: Leo T Agusman
Foto/Ilustrasi: Istimewa