Tripal, Karya Anak Bangsa Untuk Kembangkan Potensi Wisata Lokal

22-05-2017 07:05:53 By Iwan Inkiriwang
img

JakartaVenue | Hari Jumat (19/5) bertempat di Galeri Indonesia Kaya-Grand Indonesia, berlangsung peluncuran Platform Digital TRIPAL yang merupakan hasil karya anak bangsa, dibuat khusus untuk menjadi teknologi dalam membantu warga lokal daerah di seluruh Indonesia untuk mengembangkan, mengelola dan memasarkan sendiri potensi wisata lokal. 

TRIPAL hadir menjadi solusi memungkinkan setiap warga lokal yang memenuhi kriteria dapat mendaftarkan diri untuk menjadi “Sahabat Perjalanan” (atau dalam bahasa Inggris Trip Pal) bagi pelancong domestik maupun manca negara, menawarkan paket yaitu “PAL” atau Personalized (sesuai keinginan pelancong), Authentic (otentik berbeda dan berkesan), dan Local (sangat menonjolkan kekhasan lokal).

“TRIPAL menjawab kebutuhan para traveller atau pelancong yang bergaya hidup millenial yang ingin pengalaman melancongnya berbeda, khas lokal, dan tidak terkungkung dengan jadwal dan paket perjalanan yang kaku seperti di paket-paket tour perjalanan umumnya.” ujar Kevin Wu, motivator dan penulis buku terkenal yang menggagas pembuatan TRIPAL. 

“Melalui TRIPAL Pelancong di manapun dapat memilih paket perjalanan dengan ciri khas yang ditawarkan oleh warga lokal, dan siap menjadi sahabat perjalanan” jelas Kevin lebih lanjut di tengah acara peluncuran di Grand Indonesia yang dihadiri berbagai pihak termasuk puluhan pelancong yang ingin mengetahui layanan TRIPAL. 

TRIPAL pada tahap awal meluncurkan website tripal.co yang menjembatani warga lokal sebagai penyedia layanan perjalanan dan pelancong yang ingin menikmati perjalanan khas lokal. Melalui tripal.co orang lokal dapat mendaftarkan diri menjadi “Sahabat Perjalanan” dan menawarkan paket perjalanan yang dapat disesuaikan dengan permintaan pelancong. Di saat yang sama, melalui tripal.co pelancong dapat memilih dan merancang rencana perjalanannya sendiri kemudian akan terhubung dengan warga lokal yang akan menjadi “sahabat perjalanan”nya. 

“TRIPAL juga memberi jawaban bagi wisata lokal termasuk wisata desa untuk berkembang dengan warga lokal sebagai pengelola utamanya. Pemerintah tentu gembira dengan inisiatif ini, yang adalah karya anak bangsa sendiri, untuk memberdayakan warga lokal.” ujar Prof. Erani Yustika, Dirjen Ditjen Pengembangan Kawasan Perdesaan Kementrian Desa dan PDTT dalam wawancara via telpon terkait dukungan Kementrian desa PDTT terhadap peluncuran TRIPAL. 

“Dengan TRIPAL sekarang, bahkan desa yang terpencil sekalipun dapat mempromosikan layanan wisata khasnya, yang mana hasilnya nanti dapat membantu mereka dalam merawat kekayaan budaya lokalnya, sambil meningkatkan kesejahteraan.” pungkas Prof. Erani.

Untuk memastikan kualitas layanan warga lokal sebagai penyedia jasa “sahabat perjalanan”, TRIPAL bekerjasama dengan berbagai pihak untuk menyediakan pelatihan dan pendampingan pengembangan wisata lokal. TRIPAL bekerjasama dengan Sinergi Indonesia yang akan mengkoneksikan berbagai pihak untuk menyediakan program pelatihan wisata lokal dan wisata desa. Pelatihan juga sekaligus menjadi mekanisme verifikasi kualitas calon “sahabat perjalanan”. 

“Yang terpenting adalah menjaga kualitas dari warga lokal dalam memberi layanan jasa, juga memastikan fasilitas dasar yang diperlukan bagi pelancong seperti kamar mandi, penginapan yang bersih, dan makanan yang diproses dengan higienis” kata Dewi Hutabarat dari Sinergi Indonesia. 

“Pelatihan dan pendampingan akan meliputi ketrampilan perorangan sebagai “sahabat perjalanan”, pengelolaan kawasan sebagai kawasan wisata oleh komunitas warga lokal, seperti kelompok pemuda desa, atau BUMDES, atau kerjasama antar desa, dan sebagainya. Pelatihan pendampingan akan melibatkan beberapa pihak, di antaranya Kementrian Pariwisata, Kementrian Desa PDTT,  Perguruan Tinggi setempat, KADIN dan KADINDA, dan lain-lain” tambah Dewi yang menandatangani MoU dengan TRIPAL di acara peluncuran hari ini.  

Selain dengan Sinergi Indonesia, juga ditandatangani MoU TRIPAL dengan DOKU sebagai penyedia layanan payment gateway dan TechnoBusiness, hadir mewakili DOKU Novandy Pramana Sr Manager Sales and Community Development. TRIPAL akan segera meluncurkan Aplikasi TRIPAL mobile yang dapat dioperasikan di perangkat smartphone dan tablet, sehingga makin memudahkan pelancong menjangkau layanan perjalanan yang khas serta berkualitas, dan memudahkan warga lokal mempromosikan wisata khas lokalnya. 

“Ini adalah terobosan yang dahsyat. Mirip seperti ojek online yang menjadi terobosan dalam penyediaan layanan transportasi, dan juga terobosan untuk layanan wisata lokal yang membuat setiap perjalanan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan.” kata Erik Hidajat dari KADIN Bidang UMKM Koperasi dan Ekonomi Kreatif yang menjadi pembicara kunci dalam peluncuran TRIPAL. 

“Saya yakin bila kita dukung bersama, karya kreatif asli Indonesia ini akan mendorong pencapaian target pemerintah khususnya di bidang wisata, dan pada umumnya dalam meningkatkan kesejahteraan saudara-saudara kita di seluruh penjuru Indonesia.” pungkas Erik menutup wawancara.