Rudiantara: Teknologi Seperti Pedang Bermata Dua

22-05-2017 12:05:41 By Ganest Afliant
img

JakartaVenue | Suasana Car Free Day pada Minggu (21/5) pagi terlihat berbeda, karena masih dalam suasana Hari Kebangkitan Nasional atau Harkitnas 20 Mei, masyarakat datang dengan bernuansakan merah putih. Di kawasan Imam Bonjol berdiri Panggung Bangkit Indonesia untuk memperingati Harkitnas.

Dalam acara Bangkit Indonesia dibagikan sebanyak 1.500 angklung kepada masyarakat dan memainkannya bersama-sama. Turut hadir dalam acara tersebut Menteri Komunikasi dan Informatika, Menkominfo Rudiantara dan ikut pula memainkan angklung bersama masyarakat.

Menteri yang akrab disapa Chief RA itu mengajak kepada masyarakat untuk bijak dalam menggunakan media sosial. Seperti diketahui bahwa di media sosial banyak sekali informasi-informasi bertebaran dan tidak semua dari informasi adalah benar. Malahan tidak jarang isi dari postingan di lini massa itu berisikan provokasi atau pun ujaran kebencian.

"Kita ajak dan kembalikan kepada kitohnya, media sosial kita gunakan untuk menjaga hubungan sosial diantara kita semua. Jangan cari perbedaannya, tapi persamaannya," ujar Menkominfo, Rudiantara.

Warga pun menyambut baik ajakan sang menteri untuk lebih bijak terhadap media sosial. Selain itu juga Menkominfo menyampaikan bagaimana Indonesia Bangkit dari sisi teknologi.

"Saat ini teknologi digital seperti pedang bermata dua, positif dan negatif. Karenanya bagaimana kita bangkit memanfaatkan teknologi (positif) untuk kita semua," kata Rudiantara.

Positif yang dimaksud Rudiantara adalah tentang bagaimana menggunakan teknologi untuk mengembangkan ekonomi dan sosial masyarakat.

"Positif ada yang namanya e-Commerce, market place. Positif juga dalam arti sosial, di medsos bagaimana kita gunakan untuk menjalin hubungan baik di antara kita semua," jelas Rudi.

Dari pantauan di lapangan dalam acara ini juga dihadiri oleh komunitas digital dan komunitas kreatif yang ada di Jakarta. Serta diisi dengan penampilan tarian nusantara.

Foto: Liputan6