Ups!Ternyata Menyanyi Punya Efek Bagi Kesehatan

21-05-2017 06:05:02 By Iwan Inkiriwang
img

JakartaVenue | Banyak penyanyi terkenal awalnya karena mereka suka menyanyi di kamar mandi. Hobi bernyanyi yang sering dilakukan ternyata mempunyai efek yang baik bagi kesehatan loh! JV Readers pasti tidak menyangka akan hal ini sebelumnya kan? Dari mana kita tahu kalau bernyanyi dapat menyehatkan tubuh?

Tim JakartaVenue akan jelaskan bagaimana menyanyi dapat memberi efek kesehatan, seperti dikutip dari sindonews.com yang melansir laman Health Me Up mengungkapkan sebuah penelitian dari para pakar di Universitas Frankfurt di Jerman bahwa menyanyi adalah sebuah kegiatan yang dapat meningkatkan  kekebalan imun tubuh. Berikut manfaat-manfaat dari menyanyi;

 

Menyehatkan jantung dan paru-paru

Saat seseorang bernyanyi maka paru-paru akan terangkat dan memompa udara dan oksigen ke paru-paru dan jantung. Hal ini diyakini dapat membuat panjang umur.

Meningkatkan Stamina

JV Readers pasti suka melihat para anggota militer yang sedang berlari sambil menyanyikan yel-yel mereka? Nah dengan sering bernyanyi ini rupanya dapat meningkatkan stamina seseorang, sehingga dapat memberikan energy dalam melakukan aktivitas.

Meningkatkan postur tubuh

Bernyanyi akan memperluas rongga-rongga dada yang dapat membuat punggung dan bahu menjadi lurus sehingga meningkatkan postur tubuh.

Meremajakan sel tubuh

Dengan bernyanyi seseorang dapat merangsang sirkulasi darah dalam tubuh menjadi lancar. Selain itu dapat meremajakan otot-otot dalam perut dan diafragma.

Membuat awet muda

Selain melatih pita suara, bernyanyi dapat membuat anda awet muda. Karena saat bernyanyi ada pergerakan sejumlah otot di mulut dan perut.

Menyegarkan suasana hati

Dalam suasana apapun seseorang dapat bernyanyi, bahkan saat sedang susah hati. Bahkan menyanyi dapat mengurangi rasa stress, karena oksigen yang masuk saat bernyanyi akan memberi sinyal pada otak untuk melepaskan suasana hati.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Bernyanyi dapat meningkatkan immunoglobulin A yang bisa membunuh sel-sel berbahaya dalam tubuh dan membantu melindungi tubuh dari infeksi ringan.

Meningkatkan kualitas tidur

Dengan bernyanyi stress berkurang, hal ini dapat meningkatkan kualitas tidur seseorang.

 

Jadi JV Readers, meski suara kalian tidak sebagus dan semerdu Agnez MO, Raisa, atau Glen Fredli, bila punya hobi menyanyi pasti kesehatan kalian jadi lebih baik.