Layaknya Star Wars, Ada Perang Laser di Tengah Kota

20-05-2017 02:05:05 By Ganest Afliant
img

JakartaVeneu | Saat ini di Jakarta tersedia permainan yang bertemakan seperti perang di luar angkasa layaknya seperti di dalam film Star Wars.

Nah, permainan laser ini sebenarnya punya konsep yang sama dengan paintball dan airsoft gun. Hanya saja, sesuai namanya, laser game menggunakan laser. Jadi permainan yang dimainkan nantinya akan lebih seru, karena tidak ada lagi tumpahan cat dan rasa sakit akibat terkena peluru.

Redaksi berkesempatan untuk mengunjungi langsung dan mencoba permainan laser game ini, redaksi bertemu dengan Erlina Budiaman selaku Marketting Laser Game. Wanita yang biasa disapa Lina ini menuturkan “laser game itu permainan seperti shooting game seperti permainan paintball atau airsoft gun tapi kalau paintball dan airsoft gun kan sakit  tapi kalau ini tidak.”

Dengan diperkuat oleh teknologi canggih yang sudah computer rise pengunjung tak perlu lagi panas-panasan, karena arena bermainnya dalam ruangan. Dan  nanti skornya itu akan lebih detail siapa nembak siapa, ketahuan nembaknya berapa kali. “Permainan ini dapat dimainkan oleh anak dari umur 8 tahun keatas,” tambah Lina.

Laser game beralamat di Jl. Kemang Raya no. 16A Jakarta Selatan, pertama kali dibuka sejak tahun 2010 lalu, pada Agustus tahun 2015 lalu laser game kembali membuka cabang di daerah BSD, Serpong.

Sebelum memasuki arena permainan, terdapat ruang penyimpanan perangkat permainan berupa rompi sensor yang dikaitkan dengan senjata laser. Rompi digantung berderet, berurutan sesuai dengan nomor urut. Para peserta memiliki nomor masing-masing, yang tersimpan dalam sistem untuk perhitungan skor pada akhir permainan.

Untuk interiornya permainan sengaja dibuat bergaya pesawat luar angkasa. Dalam nuansa lampu biru, petugas menjelaskan aturan main. Satu sesi permainan berlangsung selama 15 menit. Walaupun hanya sebentar, namun permainan ini cukup menguras tenaga karena akan dipaksa bergerak terus menerus, berpindah dari satu tempat ke tempat lain dalam ruangan yang sudah disekat-sekat seperti labirin.

Permainan laser game ini memiliki beberapa pilihan sesuai dengan kemauan kita, seperti yang di jelaskan oleh Lina “Permainannya juga macam-macam, karena ini computer rise jadi kita bisa bikin permainannya macam-macam, contohnya kalau yang biasa kita jual itu biasanya solo, jadi solo itu misalnya masuk 10 orang tapi semuanya bisa nembak musuhnya nanti skornya ketauan siapa yang paling tinggi nilainya dari total skor.”

Ada juga yang tim, masuk 12 orang di bagi jadi 2 tim. Kalo misalnya nembak teman skornya minus dan nembak lawan skornya nambah. Terus adalagi permainan presiden, tiap tim ada presidennya, jadinya bukannya melindungi diri sendiri tapi harus melindungi presiden. Presidennya ketembak satu tim semuanya minus poin.”

Laser game buka setiap hari mulai pukul 11.00 pagi di hari biasa dan 10.00 pagi ketika weekend. Tarif ketika hari biasa Rp 40.000 per sesi dan tarif ketika weekend mulai dari Rp50.000 per sesi. Di waktu-waktu tertentu juga berlaku tarif khusus atau diskon.

Seperti yang dituturkan Lina “kita juga ada promo, setiap hari beda-beda dan semua promo itu di atas jam 7 malam kayak misalnya selasa hanya bayar 70 ribu mainnya dari jam 7 sampai tutup jam 10 atau jam 11 malam. Rabu 25 ribu per sesi hanya untuk yang bawa kartu pelajar. Hari kamis cewek main gratis. Jumat itu 35 ribu untuk semua orang persesi. Dan Sabtu sama seperti hari Selasa namun bayarnya 90 ribu tapi main sampai tutup,”.

Sejak awal dibuka sampai hari ini untuk antusias terhadap laser game cukup baik karena setiap akhir pekan permainan ini selalu ramai acara ulang tahun anak, untuk kunjungan yang datang biasanya adalah rombongan anak sekolah dan remaja.

Selama menunggu antrian, disini juga disediakan banyak permainan seperti UNO, ular tangga, dan mini bilyard sehingga waktu menunggu giliranpun terasa singkat. (*)

Penulis: zacrafter
Foto: zacrafter