Apa Itu ‘Mekanisme Antikythera’ Sampai Jadi Doodle Google Kemarin?

18-05-2017 10:05:36 By Ganest Afliant
img

JakartaVenue | Jika kalian perhatikan, ada yang menarik dari tampilan doodle pada mmesin pencari Google pada Rabu, 17 Mei Kemarin. Yup, kemarin doodle google menampilkan ilustrasi dari ‘Mekanisme Antikythera’ sebagai peringatang ‘Mekanisme Antikythera yang ke 115.

Lalu, apa itu yang dimaksud ‘Mekanisme Antikythera’ sehingga dijadikan doodle Google? ’Mekanisme Antikythera’ disinyalir sebagai komputer tertua di dunia. Benda itu ternyata merupakan panduan mempelajari alam semesta. Misteri bermula saat mekanisme Antikythera ditemukan di sebuah kapal karam di Laut Aegean di sebelah selatan Pulau Yunani pada tahun 1901. 

Saat itu, seorang arkeolog Yunani bernama Valerios Stais, mendapati benda yang aneh di antara patung marmer, perhiasan, dan koin yang berhasil diangkat dari kapal karam. dikutip dari laman CNET, Terbungkus di sebuah kotak kayu dan perunggu seukuran kotak sepatu, mekanisme ini digunakan melacak posisi astronomi dan ilmu perbintangan lainnya. 

Dengan alat itu, diperkirakan manusia masa lalu bisa memerkirakan posisi benda-benda langit dilihat dari Bumi. Para ilmuwan dan sejarahwan di seluruh dunia masih berusaha mengungkap misteri mekanisme Antikythera, dan berhasil membaca 3.500 karakter atau 500 kata dari teks penjelasan yang terdapat di dalam mesin berumur sekitar 2.100 tahun ini.

Alexader Jones, ilmuwan dari Universitas New York, mengatakan bahwa mekanisme Antikythera merupakan kalender bulan dan matahari.

Dengan mekanisme Antikythera, orang masa lalu bisa mengetahui posisi matahari dan bulan dalam zodiak, posisi planet-planet di Tata Surya, dan memprediksi gerhana. Lebih luas, mekanisme Antikythera juga digunakan untuk memelajari alam semesta, layaknya sebuah buku astronomi yang kita gunakan saat ini. Seperti yang dikutip dari KompasTekno.

Penulis: Muhammad Iswan
Foto: Istimewa