Kampung Pelangi, Destinasi Instagram-able di Semarang yang Lagi Hits

17-05-2017 06:05:21 By Ganest Afliant
img

JakartaVenue | Seminggu terakhir media internasional tengah menyoroti sebuah daerah di Indonesia. Ga percaya? Coba ketik 'Indonesia' di search engine Kawan-kawan, lalu klik bagian 'News'. Sebagian besar berita yang muncul mungkin adalah berita terkini tentang politik dan hal-hal yang kita alami beberapa hari ini.Tapi, ada satu berita unik tentang Indonesia yang ditulis oleh Vogue.

Kemudian di bawah link berita dari Vogue juga ada berita serupa yang ditulis oleh media internasional lainnya. Berita itu adalah cerita tentang Kampung Pelangi yang ada di Kota Semarang, Jawa Tengah.

Kampung Pelangi di Jawa Tengah kini jadi pusat perhatian dunia. Media-media internasional memberitakan pesona Kampung Pelangi yang terletak di Kampung Wonosari di Kelurahan Randusari, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Banyak yang kagum atas keindahan kampung yang awalnya permukiman kumuh di pinggir kali ini. Lebih-lebih, kampung ini bisa jadi destinasi wisata yang instagrammable abis. Di mana ada tempat yang instagrammable maka tempat itu akan cepat ngehits dan jadi pemberitaan di media sosial.

Kampung yang aslinya bernama Kampung Wonosari itu berada di bukit tengah kota sehingga terlihat jelas rumah yang dicat warna-warni. Pengerjaan pengecatan memang belum rampung, namun wisatawan sudah banyak yang datang ke sana terutama saat akhir pekan.

Lokasinya tidak jauh dari Tugu Muda dan Lawang Sewu yaitu di sebelah Selatan tepatnya di Jalan dr Sutomo. Sebelum masuk ke Kampung Pelangi, di pinggir jalan ada pasar bunga Kalisari yang sudah direnovasi dan lebih tertata.

Berbagai warna dipadukan mulai dari jembatan hingga ke jalan kampung yang merupakan gang kecil dan menanjak. Tidak hanya sisi rumah yang terlihat dari jalan besar saja yang warna-warni. Namun rumah-rumah yang berada di dalam gang juga dicat bahkan dilukis sehingga cukup seru untuk menelusurinya sembari berfoto.

Adalah Slamet Widodo, seorang kepala sekolah yang menginisasi kampung bantaran sungai ini menjadi berwarna warni seperti ini. Sebuah inspirasi yang ia temukan dari beberapa kampung bantaran sungai seperti Code di Jogja atau Jodipan di Malang. Sebanyak 232 rumah telah diwarnai dengan cat warna warni dan dengan seni mural yang unik.

Konsep kampung pelangi memang sudah ada di beberapa daerah salah satunya Malang. Namun tetap ada yang beda dari Kampung Pelangi di Semarang karena posisinya ada di tebing di pusat kota. Jika sampai di puncak, maka bisa melihat pemandangan Kota Semarang.