Menjejak Sejarah Perjuangan Pitung di Marunda

15-05-2017 11:05:46 By Ganest Afliant
img

JakartaVenue | Sebagai ibukota negara, Jakarta memiliki banyak situs warisan sejarah. Situs-situs ini menjadi  daya tarik para wisatawan yang tertarik dengan sejarah perjuangan bangsa. Salah satu kawasan yang cukup kaya dengan situs sejarah ini adalah Marunda, Jakarta Utara. Kawasan yang terletak di Kecamatan Cilincing ini bisa jadi tujuan wisata sejarah dan budaya.

Di Marunda dapat kita temui jejak sejarah perjuangan rakyat terhadap kolonialisme dengan mengunjungi Rumah Pitung. Hampir seluruh warga Jakarta pastinya mengenal tokoh legenda Betawi Si Pitung. Pendekar pencak silat Betawi ini merupakan sosok dengan jiwa sosial tinggi sebab seringkali membela kaum kalangan yang tertindas.

Nah, di Jalan Kampung Marunda Pulo, Kelurahan Marunda, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara adalah tempat singgah terakhir Si Pitung setelah melanglang buana. Di tempat inilah, Anda bisa melihat wujud rumah panggung yang dikabarkan milik mitra Si Pitung, Haji Safiudin, seorang bandar perdagangan ikan.

Dinamakan rumah Si Pitung karena dulu Si Pitung sering berkunjung kesini. Bangunan ini adalah Bangunan Cagar Budaya yang pada tahun 1972 diambil alih pengelolaannya oleh Pemda DKI Jakarta.

Rumah Si Pitung terlihat sudah mengalami renovasi terutama pada bagian fondasinya manakala terkikis oleh zaman.Kondisi bagunan tidak lagi orisinil sebab umurnya yang sudah tua, hanya secara model masih tetap sama.

Rumah Si Pitung terbagi menjadi beberapa ruangan, yaitu teras depan atau balkon yang kemungkinan berfungsi juga sebagai ruang tamu, ruang tamu dalam dimana terdapat sebuah lukisan `Pengantin Betawi` tergantung pada dinding.

Melongok bagian beranda depan rumah Si Pitung Anda harus menaiki sekitar 15 buah anak tangga dari sisi utara. Begitu melihat beranda depan atau teras seketika nuansa khas Betawi langsung terasa tatkala terdapat manekin memakai pakaian pencak silat Betawi.

Melangkah ke dalam ada ruang tamu berukuran lebih kurang 2x2,5 meter yang di mana terdapat lukisan kanvas.Bergeser ke arah utara terdapat kamar tidur berserta kasurnya yang masih orisinil ditambah pernak pernik lampu serta meja rias. Adapun ruang makan dan dapurnya mengarah ke beranda belakang yang luas cukup besar atau bisa disebut ruangan tengah.

Rumah Si Pitung dan kawasan Marunda merupakan satu dari 12 Destinasi Wisata Pesisir Jakarta Utara, destinasi wisata lainnya adalah Pelabuhan Sunda Kelapa, Masjid Jakarta Islamic Center, Gereja Tugu, Kampung Luar Batang, Pusat Perbelanjaan Mangga Dua, Taman Impian Jaya Ancol, Yacht Club Bahtera Jaya Ancol, Stasiun Tanjung Priok, Pusat Perbelanjaan Kelapa Gading, Pusat Perikanan Muara Angke dan Taman Margasatwa Muara Angke.

Penulis: zacrafter
Foto: zacrafter