Campurkan Teh Anda dengan Bunga Melati, Berikut Khasiatnya yang Bikin Takjub

14-05-2017 08:05:00 By Ganest Afliant
img

JakartaVenue | Teh wangi dengan aroma bunga melati telah menjadi populer di Negeri Tirai Bambu sejak zaman Dinasti Song. Tanaman melati sendiri diperkenalkan oleh Tiongkok dari Persia sebelum abad ke-3. Bunga-bunga wangi ini pertama kali digunakan dalam teh sekitar abad ke-5.

Di Tiongkok, tanaman melati yang di budidaya untuk teh ditanam di elevasi tinggi di pegunungan provinsi Fujian. Bunga ini dipanen di musim semi dan disimpan sampai awal musim panas saat bunga melati segar sedang berbunga. Bunga melati akan dipetik pagi hari pada saat kelopak bunga kecil tertutup rapat. Bunga-bunga melati itu kemudian dijaga tetap dingin sampai matahari terbenam.

Saat sore ketika kelopak bunga melati mulai terbuka, teh dicampur dengan bunga melati dan kemudian disimpan semalam. Malamnya bunga melati yang sedang mekar akan terbuka dan melepaskan aroma wangi mereka ke dalam teh. Dibutuhkan empat jam atau lebih untuk teh untuk menyerap aroma dan rasa dari bunga melati, proses ini dapat diulangi sebanyak enam atau tujuh kali. Teh menyerap kelembaban dari bunga melati segar sehingga teh tersebut harus dipanaskan untuk mencegah pembusukan.

Selain memiliki rasa nikmat yang khas, teh melati ternyata memiliki banyak khasiat bagi kesehatan dan kecantikan. Berikut manfaatnya ;

Mencegah terkena flu dan pilek

Sama halnya dengan teh hijau, teh melati ini juga memiliki sifat antivirus dan juga antibakteri di dalamnya yang dapat membantu anda dalam mengurangi risiko terkena oleh penyakit flu.

Mencegah kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit yang bisa menyebabkan kematian. Penyakit ini sendiri telah disebabkan karena radikal bebas yang telah ada pada tubuh. Untuk mengatasi hal ini, kandungan antioksidan pada teh melati sangatlah berguna sekali dalam mengurangi radikal bebas tentunya akan juga menurunkan risiko terkena oleh penyakit kanker.

Membantu mengurangi berat badan

Banyak studi yang membuktikan bila ada hubungan antara pengurangan sel lemak di tubuh dengan konsumsi teh melati secara teratur. Selain itu, the melati juga membantu menjaga berat badan agar tetap konstan selesai melakukan diet.

Memperkecil risiko terkena diabetes

Teh ini memiliki kandugnan alami yang nantinya bisa membantu tubuh anda di dalam mengatur kadar gula darah dan juga pembentukan dari insulit tubuh.

Mengatur sirkulasi darah

Dengan mengkonsumsi teh setiap hari dengan rutin jika bisa membantu anda dalam meningkatkan sisrkulasi darah di dalam tubuh serta membantu anda dalam mencegah beberapa masalah seperti blok arteri, darah menggumpal, trombosis, kerusakan otak, tekanan darah tinggi dan juga stroke.

Penulis: Muhammad Iswan
Foto: Istimewa