Ternyata Memelihara Burung Berkicau Banyak Manfaatnya!

14-05-2017 10:05:53 By Iwan Inkiriwang
img

JakartaVenue | Tren memelihara burung berkicau yang belakangan ramai ini ternyata juga punya banyak manfaatnya. Setelah heboh batu akik mulai pudar, banyak orang sekarang yang beralih memelihara berbagai jenis burung berkicau seperti burung kenari, murai, cucakrowo, dan lain sebagainya. Biasanya para penyuka burung berkicau ini melihat dari sisi bisnisnya, karena burung yang sudah jadi kicauannya bisa dihargai ratusan hingga jutaan. Belum lagi bila sering memenangkan berbagai kontes burung, dapat dipastikan harganya puluhan bahkan ratusan juta.

Banyak penyuka atau pecinta burung berkicau yang sering berkumpul bersama komunitas-komunitas sesame pecinta burung, hanya sekedar sharing dan bertukar informasi seputar perkembangan dan berbagi pengalaman. JV Readers pasti banyak juga yang suka atau bahkan memelihara hewan jenis unggas yang bisa bersuara merdu ini?  

Selain keuntungan dari sisi bisnis, ternyata memelihara burung berkicau juga bermanfaat bagi kesehatan apabila kita perhatikan cara pemeliharaannya dengan benar. Karena seperti kita ketahui bersama selama ini hewan unggas banyak yang dimusnahkan karena membawa wabah penyakit. Nah apa saja ya manfaat memelihara burung berkicau bagi kesehatan? Ini yang wajib JV Readers ketahui, sebagai berikut:

Mengurangi stress

Suara merdu yang biasa kita dengar dari burung berkicau seakan dapat membawa pikiran kita yang lelah atau penat menjadi tenang. Bahkan bukan hanya pikiran, tetapi juga menghilangkan stress dan menurunkan tekanan darah. Hal ini dikarenakan setiap burung mempunyai jenis suara yang berbeda-beda. Coba saja JV Readers dengar saat pagi hari ketika bangun tidur langsung mendengar berbagai kicauan burung yang saling bersahutan, rasanya seperti mendengar sebuah orchestra music yang indah.

Interaksi sosial

Sebuah studi terbaru mengatakan bahwa memelihara burung dapat membangkitkan jiwa interaksi sosial. Hal ini dapat kita lihat dari banyaknya komunitas pecinta burung kicau, baik di Jakarta bahkan sampai kedaerah-daerah. Dilain sisi saat kita berinterkasi dengan burung peliharaan pun akan serasa membahagiakan.

Menghindari terkena Demensia

Saat seseorang memasuki usia lanjut atau lansia, maka resiko terkena demensia lebih besar. Demensia adalah kumpulan gejala-gejala penyakit yang dapat mempengaruhi cara berpikir.

Tumbuhkan sikap empati

Bila JV Readers suka atau memelihara Burung kicau dan punya anak, jangan lupa ajak anak anda berinteraksi juga dengan peliharaan anda misalnya cara memberi makan, membersihkan kandang, dan sebagainya. Cara ini dipercaya dapat menumbuhkan rasa empati anak terhadap mahkluk hidup lainnya.

Itulah beberapa manfaat yang dapat dirasakan atau didapat dari memelihara burung berkicau, selain trend yang sedang ramai.