Hari Ibu Ternyata Bukan Hanya Tanggal 11 Mei, Berikut Waktu Perayaan Hari Ibu di Seluruh Dunia

13-05-2017 10:05:22 By Ganest Afliant
img

JakartaVenue | Hari Ibu yang diperingati secara internasional adalah tanggal 11 Mei bukanlah satu-satunya tanggal perayaan, melainkan ada di banyak Negara memperingatinya tidaklah di tanggal tersebut. Misal di Indonesia hari Ibu diperingati setiap tanggal 22 Desember dan juga masih ada hari yang mengangkat perempuan lainnya seperti hari Kartini.

Hari Ibu sejatinya adalah bentuk penghargaan tertinggi kepada para ibu yang telah banyak berjasa dalam kehidupan umat manusia khususnya keluarga dan juga lingkungan sosial. Bentuk perayaannya dengan membebas tugaskan kaum Ibu dari tugas-tugas yang biasa mereka lakukan sehari-hari sebagai kewajiban mereka.

Tugas-tugas mulia yang kaum Ibu kerjakan meliputi dari memasak, merawat anak-anak, dan kewajiban rumah tangga lainnya. Hal tersebutlah yang membuat semua Negara mendedikasikan satu hari sebagai peringatan hari Ibu atau mothers day.

Namun peringatan hari Ibu tidaklah berpatok pada tanggal 11 Mei, banyak Negara yang memperingati hari Ibu diluar tanggal tersebut. Sebagian Eropa dan beberapa Negara di benua lainnya memperingati hari Ibu pada minggu kedua bulan Mei, seperti Jerman, Finlandia, Austria, Belanda, Jepang, Australia, Ghana, Brazil, Grenada, Honduras, Hong Kong, Islandia, Italia, Jamaika, Latvia, Liechtenstein, Malaysia, Malta, Myanmar, Belanda, Selandia Baru, Pakistan, Papua Nugini, Peru, Filipina, Puerto Rikodan masih banyak lagi.

Di Israel, perayaan hari Ibu berada antara tanggal 30 Januari dan 1 Maret, sedangkan di Afganistan, Albania, Armenia, Rusia, Romania, Ukrania merayakannya pada 8 Maret. Argentina merayakannya di pekan ketiga bulan Oktober.

Kapanpun peringatannya yang terpenting adalah seberapa besar kita menghormati dan menghargai para Ibu, bukan hanya IBu yang melahirkan kita tetapi seluruh kaum Ibu di lingkungan atau dimanapun kita berada karena pepatah mengatakan surga berada di bawah kaki Ibu.