Fakta Unik! Rumah Ibadah Ini Untuk Tiga Agama

13-05-2017 11:05:09 By Iwan Inkiriwang
img

JakartaVenue | Di kota Berlin, Jerman ada sebuah bangunan yang mempunyai histori saat awal pembangunannya. Dalam upaya menjaga kerukunan atar umat beragama di Jerman, tiga tokoh agama sepakat mendirikan sebuah bangunan rumah ibadah untuk tiga agama yaitu Kristen, Islam, dan Yahudi, yang diberi nama The House of One.

Adalah ketiga tokoh agama yang bernama Gregor Hohberg (Pendeta/Kristen), Tovia Ben-Chorin (Rabi/Yahudi), dan seorang Imam Muslim yang bernama Kadir Sanci yang memiliki ide mendirikan bangunan rumah ibadah untuk para jamaah mereka dalam sebuah bangunan bersama. Rencananya tidak lama lagi bangunan ini akan berdiri untuk pertama kalinya di kota Berlin-Jerman. Ada beberapa ruang yang nantinya akan dimiliki bangunan ini seperti  tiga ruang terpisah untuk ketiga agama ini, dan beberapa ruang umum untuk para jamaah agar mereka bisa saling bersosialisasi nantinya.

“Ketiga agama ini mengambil cara yang berbeda dalam proses perjalanannya, namun memiliki tujuan yang sama,” kata Kadir Sanci, seorang Imam Muslim di Berlin.

The House of One yang didesign oleh seorang arsitek bernama Kuehn Malvezzi ini sebisa mungkin mengakomodir permintaan masing-masing rumah ibadah. Memang sebelumnya banyak yang mengkritik bangunan ini mirip seperti Makam Firaun. Namun kan yang penting tujuannya mulia, yaitu untuk menjaga toleransi dan kedamaian antar umat beragama. Nah JV Readers yang penasaran bisa mampir bila sedang liburan ke Jerman nih! Karena banyak rumah ibadah yang juga menjadi salah satu tujuan wisata yang unik. Inilah Faktanya!(dikutip dari faktanyagoogle-ig)