Tulang Keropos Akibat Merokok, Mitos atau Fakta?

11-05-2017 09:05:24 By Iwan Inkiriwang
img

JakartaVenue | Hati-hati, merokok berbahaya bagi kesehatan! JV Readers pasti sudah tidak asing lagi dengan slogan ini. Tapi berbagai alasan akan terdengar juga membantah akan hal ini, bahkan banyak yang acuh tak acuh dengan slogan ini. Biasanya mereka yang merupakan para pecandu rokok. Terlepas dari pro dan kontra tentang merokok, ada satu hal yang menjadi pertanyaan banyak orang. Benarkah rokok juga menyebabkan keropos pada tulang?

Seperti kita ketahui bahwa bahaya dari merokok pada kesehatan itu banyak sekali. Tetapi biasanya yang terdengar adalah penyakit yang ditimbulkan seputar soal pernafasan seperti paru-paru atau TBC dan kemandulan. Namun bila rokok juga dikaitkan dengan pengeroposan tulang mungkin saja belum pernah atau jarang terdengar. Menjadi sesuatu yang menimbulkan pertanyaan serta pro dan kontra juga, bila merokok dapat menjadi penyebab tulang keropos.

Seperti dilansir oleh klikdokter.com mengenai bahaya rokok bagi tulang, mengatakan bahwa masih abnyak orang yang kurang memahami bahaya atau efek dari merokok. Bahkan bagi mereka para perokok sendiri bila ditanya apasaja efek dari rokok pasti banyak yang akan menggelengkan kepala, lebih jauh lagi mereka seakan acuh tak acuh.

Rokok dapat menyebabkan tulang keropos karena banyak mengandung radikal bebas, nikotin serta zat-zat berbahaya lainnya. Kandungan radikal bebas inilah yang dapat menyebabkan kerusakan pada sel dan gangguan hormon dalam tubuh manusia, sementara nikotin meningkatkan kerusakan pada sel yang bertugas sebagai pembentuk tulang.

Kejadian ini diperparah karena rokok juga terbukti secara medis dapat meningkatkan kadar hormone kortisol dalam tubuh, yang dapat mengakibatkan cepatnya proses penghacuran tulang. Patut JV Readers ingat dan ketahui bahwa puncak kepadatan tulang pada manusia terjadi di usia 30-an. Jadi kurangilah merokok se-dini mungkin agar terhindar dari bahaya pengeroposan dan kehancuran tulang!