Siang Sampai Sore Hari Adalah Waktu yang Tepat Untuk Meminum Kopi, Kenapa?

11-05-2017 03:05:33 By Ganest Afliant
img

JakartaVenue | Meminum kopi adalah sebuah kegiatan yang mengasyikan apalagi jika dilakukan bersama teman ataupun keluarga dan bisa juga pasangan. Kegiatan ini biasa dibarengi sambil ngobrol santai plus nyemil makanan ringan. Namun tahukah Anda bahwa sebenarnya aktivitas yang biasa disebut ngopi oleh kebanyakan orang itu memiliki waktu-waktu yang tepat agar mendapat manfaat yang maksimal dan tidak berdampak merugikan tubuh.

Kopi sejatinnya adalah minuman dari tumbuhan biji kopi yang mengandung zat bernama kafein. Kafein sendiri memiliki manfaat bagi tubuh bila masih dalam takaran dan dosis yang cukup serta pada waktu yang tepat pula.

Soal waktu meminum kopi diketahui kebanyakan orang melakukan di pagi hari antara jam 8 – 9 pagi setelah sarapan atau malah sebagai pengganti sarapan karena meminumnya sambil makan makanan ringan. Rupanya hal tersebut keliru dan sebaiknya jangan terlalu sering Anda lakukan. Mengapa demikian?

Karena pada jam 8 - 9 pagi, 12.00 – 13.-00 dan 17.30 – 18.30 adalah waktunya tubuh melepaskan hormon kortisol dan bila kita meminum kopi pada jam tersebut maka stimulasi hormone kortisol akan menurun sehingga kafein dapat mengacaukan jam alami tubuh.

Lalu kapan dan jam berapakah baiknya kita meminum kopi? Kegiatan mengasyikan ini tepat dilakukan pada jam 09.30 – 11.30 dan antara pukul 13.30 sampai 17.00, karena pada jam-jam tersebut level kortison dalam tubuh sedang menurun sehingga si kopi tidak dapat mempengaruhi jam alami tubuh.