Mana yang Lebih Bahaya, Perut Buncit Atau Obesitas?

10-05-2017 11:05:48 By Ganest Afliant
img

JakartaVenue | Obesitas dan obesitas sentral atau perut buncit merupakan satu masalah yang sama yaitu karena penimbunan lemak yang diakibatkan oleh tingginya konsumsi karbohidrat, kolesterol, lemak dan tidak diimbangi dengan aktivitas fisik.

Obesitas adalah penumpukan lemak pada tubuh seseorang yang tidak seimbang dengan ukuran tinggi badan tubuhnya. Pengukuran obesitas bisa dihitung dari berat badan (kg) dibagi dengan tinggi badan kuadrat (m2). Meskipun ukuran obesitas seseorang adalah apabila melebihi 27,0 kg/m2, namun pengukuran ini bergantung pada tinggi badan seseorang dan tidak dapat membedakan massa otot dengan massa tubuh.

Sedangkan perut buncit atau obesitas sentral adalah penumpukan pada bagian perut (abdominal). Cara mengukurnya dengan metode menggunakan lingkar perut (diukur tepat di bawah ruas tulang rusuk terakhir dan di atas pusar) dengan batas normal apabila lingkar perut kurang dari 90 cm untuk laki-laki dan 80 cm untuk perempuan.

Selain itu perut buncit juga bisa dilihat dari rasio lingkar perut dan lingkar tulang panggul. Jika perut memiliki lingkar yang lebih besar dibandingkan tulang panggul, maka sudah dapat dipastikan individu tersebut mengalami obesitas sentral alias buncit.

Nah antara obesitas dan perut buncit mana yang lebih bahaya? Dari hello sehat menyebutkan untuk keluhan obesitas dapat meningkatkan berbagai risiko penyakit degeneratif akibat ketidakseimbangan tekanan darah, sekresi insulin, dan kadar kolesterol HDL dan LDL. Tentu saja hal ini tidak akan menimbulkan gejala langsung yang serius, tetapi akan bertambah parah seiring dengan berjalannya usia individu.

Bagi yang mengalami perut buncit bukan berarti tidak memiliki risiko penyakit, berikut risiko yang bisa terjadi bagi yang mengalami perut buncit atau obesitas sentral:

  • Memiliki risiko kematian yang tinggi
  • Bisa menyebabkan disfungsi ereksi dan kanker
  • Perut buncit tetap berbahaya meskipun tidak mengalami obesitas
  • Berisiko penimbunan lemak dalam pembuku darah

Obesitas dan perut buncit atau obesitas sentral adalah kondisi yang sama penimbunan lemak. Akan tetapi penimbunan lemak di bagian perut lebih berisiko untuk mengalami gangguan bahkan dapat menyebabkan kematian kebih cepat dibanding obesitas biasa.