Laporan IIMS: Ada Kejurnas Super Drift dan Mini GP di IIMS 2017

06-05-2017 10:05:08 By Ganest Afliant
img

JakartaVenue | Menikmati akhir pekan kedua di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017, para pengunjung dapat menikmati pertarungan seru dari ajang Pertamax Motorsport IIMS Super Drift di lintasan aspal JIExpo, Kemayoran mulai Sabtu (6/5) ini. Perhelatan ini juga sekaligus sebagai seri pembuka Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Drifting yang rencananya akan digelar tiga putaran sepanjang tahun ini.
 
“Super Drift 2017 rencananya akan diadakan sebanyak tiga putaran. Putaran pertama diadakan di akhir pameran IIMS yaitu 6 – 7 Mei 2017.  Putaran kedua rencananya akan diadakan di Bandung, dan putaran tiga sebagai penutup kami adakan di Yogyakarta,” ujar Amroe Wahyudi yang merupakan ketua pelaksana yang ditunjuk oleh promotor PT Eka Surya Alam (ESA) sekaligus pimpinan perlombaan.
 
Tercatat sebanyak 40 drifter terdaftar dalam Kejurnas pembuka ini yang berasal tak hanya dari wilayah Jakarta saja, juga dari Bandung, Banten, Yogyakarta, dan Malang. Mereka akan bersaing memperebutkan juara di beberapa kategori yaitu Drift Star, Rookie, Profesional, Best Tapping Wall, Best QTT, Juara Nasional Pro dan Juara Nasional Rookie, dengan total hadiah sebesar Rp. 35 juta.
 
Pada Sabtu (6/5) pagi hari, para drifter yang menggunakan mobil balap warna-warni berpenggerak roda belakang itu sudah tampak bersiap-siap untuk melakukan latihan. Usai dua sesi latihan, pada tengah hari acara pembukaan resmi Kejurnas drifting ini dibuka di lintasan. Usai dilangsungkannya kualifikasi pada hari Sabtu ini, pada hari Minggu (7/5) besok, pertarungan tandem (dua mobil dilepas bersamaan atau drift battle) akan berlangsung mulai pukul 10.30 WIB.
 
Juri dalam ajang Pertamax Motorsport IIMS Super Drift ini adalah Wonder Bro Syahrial dan Ivan Lau dari Malaysia serta Rhenadi Arington dari Indonesia. “Semoga dengan diadakannya event ini bersama IIMS 2017, dapat membangkitkan citra drifting di Indonesia, dan kembali menjadi olahraga motorsport yang memiliki banyak fans serta antusiasme yang tinggi dari para penonton,” tambah Amroe.
 
Mini GP Yang Selalu Menarik Perhatian

Aroma kompetisi di IIMS 2017 tak hanya menyeruak dari ajang adu cepat roda empat, namun juga roda dua. Yang unik, kompetisi di atas sepeda motor ini berlangsung di sebuah motor berukuran kecil berkapasitas mesin 50 cc, yaitu Mini GP. Berada di area outdoor, Mini GP menyediakan mini sirkuit beserta perlengkapan keselamatan seperti helm serta pelindung siku dan lutut yang bisa digunakan oleh peserta. Format kompetisi Mini GP sangat sederhana.  dimulai dari babak penyisihan dan setiap seri kompetisi akan terdapat tiga pemenang yang mendapat hadiah dari panitia.
 
Selain dapat mengendarai sepeda motor, syarat utama untuk mengikuti kompetisi Mini GP ini adalah telah berusia 18 tahun atau lebih. Sudah berlangsung sejak IIMS 2017 dibuka pada 27 April lalu, Mini GP akan terus berlangsung hingga hari penutupan pada 7 Mei 2017 besok. Meski begitu, ada kuota jumlah peserta yang dapat mencoba motor mungil ini setiap harinya yaitu 200 orang. “Untuk kompetisi sendiri hanya tersedia jatah untuk 60 orang yang akan dibagi dalam 5 seri setiap harinya,” ujar salah seorang panitia yang bertugas.
 
Jika Anda berminat untuk bertarung memperebutkan gelar juara Mini GP, kompetisinya diadakan setiap pukul 16.00, 17.00, 19.00, 20.00, dan 21.00 WIB setiap hari. Tersedia 12 tempat untuk setiap serinya, dengan 6 pembalap untuk tiap kualifikasinya. Tiga pembalap tercepat akan mengikuti final untuk memperebutkan gelar juara.