Atasi radang Amandel Dengan Cara Berikut

06-05-2017 03:05:29 By Addo Richard
img

JakartaVenue | Radang amandel adalah infeksi pada amandel yang kadang mengakibatkan sakit tenggorokan dan demam.  Gejalanya dapat berupa nyeri tenggorokan atau nyeri waktu menelan, pilek, demam,sakit kepala, sakit telinga bahkan pembengkakan kelenjar getah bening.

Selain infeksi, amandel juga dapat disebabkan oleh faktor gaya hidup tidak sehat, seperti sering mengkonsumsi makanan dan minuman panas, terlalu dingin atau terasa sangat pedas hingga benar-benar sangat terasa menyakitkan dan berakibat infeksi di tenggorokan. Selain itu, penyebab lainnya adalah virus dan bakteri di tangan dan makanan serta kekurangan vitamin C.

Beberapa gejala seperti batuk, flu dan demam menjadi gejala yang sangat umum ketika peradangan amandel. Berikut ini adalah beberapa gejala awal yang paling sering mudah ditemukan ;

 

Sakit Tenggorokan
Amandel yang membengkak akan menyebabkan tenggorokan menjadi lebih sakit. Infeksi yang terjadi pada amandel akan membuat sakit nyeri dan panas pada tenggorokan. Hal ini menyebabkan penderita mengalami kesulitan menelan, bernafas dan berbicara.

Bau mulut
Bau mulut pada radang amandel sering disebabkan karena tonsil atau amandel mengeluarkan belerang. Ketika senyawa ini bercampur dengan air liur maka akan menimbulkan bau busuk yang sangat menyengat dalam mulut.

Sakit Telinga
Pada kondisi amandel yang lebih parah, maka bisa menyebabkan rasa sakit yang berlebihan pada telinga. Hal ini bisa menyebabkan syaraf pada telinga menjadi lebih peka sehingga ketika tenggorokan digunakan untuk menelan atau berbicara maka bisa menyebabkan rasa sakit.

Jika semakin parah, umumnya penderita disarankan untuk melakukan bedah (operasi). Namun, ada pula beberapa cara penanganan radang amandel tanpa proses operasi antara lain ;

1. Konsumsi Apel

Apel menjadi buah yang sangat baik untuk penderita amandel. Apel bisa mengandung senyawa asam ringan yang bisa menjadi pembersih untuk mulut dan gigi. Selain itu apel juga mengandung antioksidan yang bisa membuat tubuh menjadi lebih kuat terhadap serangan radikal bebas.

2. Jus Lemon

Jus lemon menjadi buah yang sangat baik untuk penderita amandel. Lemon mengandung vitamin C dan bisa mendukung sistem kekebalan tubuh.

3. Mengunyah Bawah Putih

Bawang putih juga bisa menjadi obat ampuh untuk mengatasi amandel. Penderita bisa mengunyah bawang putih mentah yang sudah dibersihkan. Bawang putih mengandung senyawa khusus yang bisa melawan pertumbuhan bakteri dan kuman pada amandel.

4. Konsumsi Wortel

Wortel memiliki senyawa aktif yang sangat baik untuk mengatasi bakteri dan kuman dalam tubuh. wortel bisa menjadi pembunuh bakteri dan virus pada amandel. Untuk itu disarankan sering mengunyah wortel bagi penderita amandel.

Amandel yang memerlukan tindakan operasi , Jika :

Jika kondisi memburuk seperti sumbatan hidung yang menyebabkan bernapas melalui mulut, gangguan menelan, gangguan berbicara, bahkan gangguan bernapas Infeksi amandel karena bakteri dan dengan pemberian antibiotik tidak dapat menyembuhkan Infeksi amandel yang sering kambuh (lebih dari 7 kali dalam setahun).