Penderita Stroke Selalu Terjatuh Di Kamar Mandi, Benarkah atau Mitos?

05-05-2017 11:05:20 By Iwan Inkiriwang
img

JakartaVenue | Stroke adalah penyakit yang disebabkan adanya kematian jaringan otak akibat berkurangnya aliran darah dan oksigen ke otak. Biasanya sang penderita sebelumnya sudah menderita penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi. JV Readers mungkin sering mendengar atau melihat dan mengalami bahwa seseorang terjatuh di kamar mandi lalu terkena stroke? Nah yang jadi pertanyaan disini adalah apakah orang tersebut terkena stroke dahulu baru kemudian terjatuh, atau terjatuh kemudian mengalami stroke?

Meskipun sering terjadi hal demikian bahwa serangan stroke ini terjadi di kamar mandi, namun menurut data ilmiah tidak ada hubungannya yang menunjukkan bahwa serangan stroke dengan kamar mandi saling terkait. Memang banyak anggapan salah yang timbul dengan menghubungkan keduanya yaitu kamar mandi dan serangan stroke pada penderitanya ada kaitannya, bahkan yang menyedihkan lagi bila kamar mandi  ada hantunya yang bisa membuat orang terkena stroke dan terjatuh atau sebaliknya.

Seperti dilansir beberapa media kesehatan ataupun blog bahwa dalam sebuah sajian khusus tentang gaya hidup sehat, ada penjelasan dari seorang pakar kesehatan yang berasal dari sebuah universitas di Malaysia yang mengatakan bahwa ketika kita akan mandi agar tidak langsung membasahi bagian kepala. Anjuran ini lebih jauh mengatakan bahwa apabila saat mandi kita langsung mengguyur bagian kepala dengan air dingin, maka akan memicu seluruh syaraf mengalirkan darah ke kepala. Hal inilah yang akan mengakibatkan terjadinya penyempitan pada saluran darah sehingga menimbulkan serangan stroke.

Namun pendapat mengenai hal ini mendapat sanggahan dari dr AdreMayza, SpS(K) dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia yang mengatakan,”Pada pagi hari tekanan darah biasanya cenderung meningkat, bagi orang yang menderita atau punya riwayat hipertensi naiknya tekanan darah memang bisa merusak pembuluh darah diotak yang memicu stroke.” Seperti dikutip dari healthdetik.com dr Adre juga menyebutkan bahwa mitos yang mengatakan bahwa mengguyur kepala saat mandi pagi bisa memicu serangan stroke tidaklah beralasan. Hal ini patut diluruskan bahwa kepala yang diguyur air dingin sekali pun tidak akan mengubah suhu secara ekstrem sehingga menyebabkan stroke!

Nah JV Readers sekalian, dengan sanggahan diatas apabila masih membingungkan sebaiknya konsultasikan masalah ini dengan dokter ahlinya. Jadi kita tidak gagal paham apabila menghadapi masalah ini. Sekali lagi ini mitos atau fakta?