Tak Kalah Dari Salmon, Berikut Manfaat Lele Bagi Kesehatan yang Bikin Cetar

03-05-2017 03:05:54 By Addo Richard
img

JakartaVenue | Ikan Lele merupakan ikan jenis air tawar yang mudah di temui dimana saja.Ikan lele merupakan jenis ikan yang mudah hidup,tahan dari segala cuaca bahkan di air yang kotor dan berlumpurpun ikan Lele mampu bertahan. Kendati tidak semahal ikan Salmon, Lele juga memiliki cukup banyak kandunga gizi serta manfaat bagi kesehatan. Berikut manfaatnya ;

Berdasarkan hasil penelitian,lele memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi.dalam 500 gram lele dumbo (kira-kira terdiri dari 4 ekor)mengandung 12 gram protein,energi 149 kalori,lemak 8,4 gram dan karbohidrat 6,4 gram.

  • Makanan yang merupakan “sumber yang sangat baik” dari nutrisi tertentu menyediakan 20% atau lebih dari nilai harian yang dianjurkan, berdasarkan Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) .
  • Ketika dimasak (panas kering), lele liar memberikan 0,333 gram omega-3 asam lemak, berasal dari EPA (0.1g), DHA (0.137g), dan ALA (0.096g), per 100 gram ikan lele liar. Ketika dimasak (panas kering), lele budidaya memberikan 0,259 gram omega-3 asam lemak, berasal dari EPA (0.049g), DHA (0,128), dan ALA (0.082g), per 100 gram ikan lele budidaya.

Keunggulan ikan lele dibandingkan dengan produk hewani lainnya adalah kaya akan Leusin dan Lisin. Leusin (C6H13NO2) merupakan asam amino esensial yang sangat diperlukan untuk pertumbuhan anak-anak dan menjaga keseimbangan nitrogen. Leusin juga berguna untuk perombakan dan pembentukan protein otot. Berikut ini adalah manfaat kesehatan yang dikandung oleh ikan lele:


1. Asam lemak omega 3
Lele juga mengandung asam lemak omega 3 dan omega 6, seperti salmon. Nutrisi tersebut terkenal manfaatnya untuk kesehatan jantung serta otak manusia. Terutama anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

2. Protein
Setidaknya ada 15,6 gr protein pada 1 ekor lele ukuran sedang. Jumlah tersebut memadai untuk kebutuhan protein seseorang yang ingin membangun massa otot. Jadi, jika ingin memiliki tubuh padat berotot, maka konsumsi ikan lele bisa jadi salah satu solusinya.

3. Vitamin B 12
Lele juga memiliki kandungan vitamin B 12. Vitamin ini berguna untuk membuat Anda lebih berstamina, dan tak cepat capek. 1 ekor lele bisa memenuhi paling tidak 40% kebutuhan vitamin B12 Anda.

Lele merupakan sumber asam lemak omega 3, yaitu asam lemak dengan ikatan rangkap pada posisi karbon nomor 3 dari gugus metil atau disebut karbon posisi omega. Asam lemak ini merupakan precursor dari thrombaxiane A3 dan prostaglandin I3, zat yang sangat efektif untuk ganti agregasi keping-keping darah. Pencegahan agregasi keping-keping darah dapat mengurangi risiko menderita penyakit jantung.