Ramai di Google Search, Apa Sih Blue Whale Challenge Itu?

03-05-2017 02:05:16 By Addo Richard
img

JakartaVenue | Beberapa hari ini, keywords "Blue Whale Challenge" cukup banyak membanjiri 'Om Google'. Sebenarnya, apa sih Blue Whale Challenge itu, mengapa cukup menghebohkan jejaring sosial seluruh dunia? berikut ulasannya. Blue Whale Challenge adalah sebuah tantangan di mana para pemainnya diminta untuk melakukan berbagai tindakan menyakiti diri sendiri dari seorang kurator atau master yang tidak diketahui. Di akhir tantangan, pemain akan diminta untuk mengakhiri hidupnya dengan cara yang tragis, melompat dari atas gedung atau menabrakkan diri ke kereta api yang melaju.

Para individu diberikan tugas oleh seorang master anonim. Jenis tantangan beragam dan meningkat dari mulai menonton film horor hingga mengarah pada tindakan-tindakan berbahaya. Dilansir dari sejumlah sumber, permainan ini memiliki ribuan anggota di media sosial seperti, Facebook dan YouTube. Nama permainan itu sudah populer di Rusia, Ukraina, Spanyol, Portugal, Perancis dan Inggris.

Dikutip dari CNN, Peserta yang mengikuti permainan Blue Whale itu diminta untuk menggambarkan ikan paus di tangan atau kaki dengan silet atau pisau. Selain itu, mereka juga diminta untuk menerima tantangan lain yang bersifat menyakiti diri sendiri oleh kurator game. Pada hari terakhir yang menjadi penentuan, di mana tantangan berakhir dengan aksi bunuh diri. Peserta permainan itu diminta untuk mengunggah foto selfie sebelum melakukan aksinya dan menuliskan pesan "Good Bye" atau "End".

Nama 'Blue Whale' sendiri dipilih karena mereka percaya, ikan paus yang terdampar di pantai memang sengaja menepi ke daratan untuk bunuh diri. Dilansir Higgypop, permainan ini diduga jadi penyebab utama 80 hingga 130 anak remaja melakukan aksi bunuh diri pada periode November 2015 hingga April 2016 di Rusia. Polisi Rusia mengatakan, para 'kurator' ini mendekati korban mereka melalui media sosial.