Manusia Tertua Dunia Asal Indonesia Itu Kini Telah Pergi, "Selamat Jalan Mbah Gotho"

02-05-2017 01:05:35 By Addo Richard
img

JakartaVenue - Beberapa waktu lalu, Indonesia dan dunia dikejutkan dengan sebuah fenomena manusia tertua di dunia asal Sragen - Indonesia. Masyarakat sekitar lebih akrab memanggilnya Mbah Gotho. Berdasarkan data identitas atau KTP yang dipunyai, dia lahir tahun 1870 silam. Yang berarti saat ini, dia sudah berusia lebih dari 146 tahun.

Sodimedjo alias Mbah Gotho tutup usia, pada Minggu (30/04) sore. Sebelum meninggal, Mbah Gotho sejak Rabu (12/3) lalu sempat dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Soehadi Prijonegoro, Sragen selama 6 hari. Nafsu makan yang menurun membuat kondisi kesehatan kakek beristri empat tersebut terus menurun. Setelah pulang dari rumah sakit, dia hanya makan bubur sumsum sebanyak satu, dua sendok. Itupun hanya bertahan dua hari. Sejak itu sampai akhir hayatnya, dia menolak makan maupun minum.

 

Pada Desember 2016 lalu, Mbah Gotho merayakan ulang tahun, yang menurut pengakuan dirinya, mencapai 146 tahun. Kala itu, Mbah Gotho tetap pada keinginan agar dia segera tutup usia. Bahkan, dia telah menyiapkan batu nisan, cungkup, serta kayu untuk penutup liang lahat yang diletakkan di samping rumah.

"Kematian itu hal yang saya inginkan. Nisan itu untuk jaga-jaga, beli sendiri. Sudah komplet, rumah kuburan dan cungkup sudah siap, tinggal menunggu dipanggil. Kalau saya meninggal harus cepat dimandikan, didandani, pakai baju, celana, kaos tangan komplet, dasi, dan kacamata. Terus dibawa ke makam dan ditidurkan dengan petinya. Dicor biar tidak longsor," kata Mbah Gotho, tahun lalu. Dikutip dari BBC,