Hari Buruh, May Day Atau Mayday?

01-05-2017 01:05:12 By Iwan Inkiriwang
img

 JakartaVenue | Tanggal 1 May setiap tahun dirayakan sebagai Hari Buruh diseluruh dunia. Oleh International Labour Organization (ILO) ditetapkannya hari buruh ini sebagai hari dimana para pekerja atau buruh dapat menyuarakan aspirasinya sekali dalam setahun. Hari buruh ini juga dikenal dengan sebutan May Day. Di Indonesia sendiri baru sekitar dua tahun belakangan ini tanggal 1 May ditetapkan sebagai hari libur Nasional.

Itulah sekilas tentang apa yang dimaksud dengan hari buruh. Disini Tim JakartaVenue memang tidak mengulas tentang sejarah lahirnya hari buruh ini, tetapi tentang pengertian antara May Day dengan Mayday. Istilah dari kedua kata ini seringkali salah diartikan oleh banyak orang kedalam pengertian tentang buruh atau peringatan Hari Buruh.

Seperti dikutip dari kompasiana.com May Day dan Mayday adalah istilah dalam bahasa Inggris yang sekilas memiliki arti dan pengertian yang sama di masyarakat tentang hari buruh, tetapi sebenarnya dalam pengertian yang benar bila kita berbicara tentang hari buruh adalah May Day. Disinilah letaknya kekeliruan yang sering terucap dan dimengerti oleh banyak orang. Karena kedua frasa ini memang mirip sekali, yaitu susunan abjadnya. Lantas bagaimana dengan Mayday? Dimana perbedaannya?

Mayday sendiri adalah sebuah istilah dalam bahasa Inggris yang mempunyai pengertian diluar atau jauh bila dikaitkan dengan hari buruh. Karena Mayday adalah istilah yang dipakai dalam  keadaan darurat untuk meminta pertolongan. Atau secara sederhana Mayday merupakan sinyal tanda bahaya yang digunakan dalam panggilan radio yang dipakai dan disahkan seluruh dunia internasional. Bahkan bila kita teliti lebih jauh Frasa Mayday awalnya berasal dari bahasa Prancis, m’aidez yang artinya tolong aku. Istilah ini sering digunakan oleh beragam profesi terkait koordinasi dalam jarak jauh, seperti contohnya kepolisian, penerbangan, kebakaran dan lainya saat menghadapi situasi darurat.

Jadi JV Readers, dengan pemahaman tentang kedua istilah ini tim JakartaVenue berharap sudah jelas dan mengerti. Semoga kedepannya jangan sampai ada lagi kesalahpahaman dalam pengertian tentang kedua istilah ini ya.