1 Mei, Google Doodle Rayakan Ulang Tahun Affandi ke-110

01-05-2017 05:05:33 By Ganest Afliant
img

JakartaVenue | Affandi, pelukis legendaris asal Indonesia yang mendunia lahir tahun 1907 di Cirebon bernama lengkap Affandi Koesoema. Adalah termasuk seorang yang berpartisipasi memperjuangkan kemerdekaan lewat keahliannya melukis pada masa perjuangan. Kala itu Affandi membuat poster propaganda dengan ide berasal dari Bung Karno. Pelukis Abdullah sebagai model dan Chairil Anwar yang memberi kata-katanya.

Hari ini tanggal 1 Mei diyakini sebagai hari lahir maestro kenamaan dunia dan Google mengenang sang maestro dengan menampilkan Google doodle yang bergaya sapuan khas sang pelukis. Memang 1 Mei ini juga bertepatan dengan peringatan hari buruh internasional, namun khusus di Indonesia Google lebih memilih menampilkan Google doodle memperingati ulang tahun ke-110 pelukis legendaris Affandi

Affandi sebelum memulai kiprahnya di dunia lukis terlebih dahulu menjalani pekerjaan di berbagai bidang seperti tertulis di Affandi.org yang menyebutkan pernah berprofesi sebagai guru, bekerja memeriksa karcis dan menggambar papan iklan. Sisa cat dari pekerjaannya kerap ia simpan dan digunakan untuk mengembangkan bakat secara otodidak sampai menemukan gaya khasnya ekspresionisnya dan romantisme.

Affandi dikenal memiliki gaya khas yaitu membubuhkan cat langsung dari kemasan atau tabung cat ke atas kanvas lalu menggunakan jarinya bagai kuas menari-nari menyapu cat hingga menjadi sebuah lukisan karyanya. Google menyebutnya “Garis-garisnya seperti guratan Affandi, luwes dan bersemangat, dengan warna-warna macam yang dulu biasa dipakainya.”

Pada akhir decade 40-an hingga 50-an awal Affandi berkeliling dunia untuk melukis. Dia juga memamerkannya di ibukota negara-negara Eropa termasuk Paris, London dan Roma. Setelah menorehkan karya-karyanya yang mendunia, Affandi wafat pada 23 Mei 1990 dan kini karya-karya dari sang maestro bisa disaksikan di Muesum Affandi di Yogyakarta.