Laporan IIMS: PAHAMI Village Tawarkan Kenyamanan Dalam Berburu Aksesoris

30-04-2017 11:04:07 By Ganest Afliant
img

JakartaVenue | Menikmati long weekend kerap kali diisi dengan melakukan kegemaran atau hobi yang mungkin saja selama ini terbengkalai. Bagi para penggemar otomotif, hadir ke Indonesia International Motor Show (IIMS) tentu menjadi salah satu gelaran yang tak boleh dilewati di libur panjang akhir pekan kali ini. IIMS 2017 dilangsungkan di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, IIMS 2017 mulai 27 April lalu hingga tanggal 7 Mei 2017.
 
Salah satu area yang tak dapat dilewati di ajang IIMS 2017 adalah PAHAMI Village. Area yang dikelola oleh Perkumpulan Pengusaha Aksesoris Mobil Indonesia (PAHAMI) ini sungguh istimewa. Terletak di Hall C3 JIExpo, ada 43 anggota PAHAMI berkumpul dalam satu area untuk menampilkan produk-produk terbaiknya. PAHAMI memang telah berkomitmen untuk mendukung penuh gelaran IIMS 2017 dengan tampil all-out. Para anggota yang berpameran datang dari berbagai latar belakang, mulai dari produsen kaca film, sistem audio, jok kulit, dan aksesori-aksesori lain yang berhubungan dengan otomotif.
 
“PAHAMI Village ini adalah terobosan baru, jika sebelumnya kami terpencar-pencar saat ikut pameran, kini menjadi satu. Tujuan kami hanya untuk menjadikan semua pihak merasa nyaman,” ujar Irwan Kusuma selaku Sekjen PAHAMI. Menurutnya, seluruh pengunjung yang datang di area PAHAMI Village dapat merasa nyaman, “saat bapak ibunya belanja, anak-anak dapat bermain di tempat yang telah disediakan. Jika sang istri merasa bosan, bisa menunggu di café,” paparnya.
 
Memang di area PAHAMI Village ini tak hanya dipenuhi stan-stan penjual aksesoris mobil, namun juga terdapat PAHAMI Lounge tepat di bagian tengah, dimana di lounge ini tersedia cafetaria, kids corner dan panggung yang diisi dengan pertunjukan musik, DJ dan berbagai games menarik. “Salah satu games yang kami adakan untuk anak-anak adalah Amazing Kid Race,” tutur Irwan. Dalam permainan ini, anak-anak yang ikut serta, mendapatkan pertanyaan seputar PAHAMI Village dan kemudian berkeliling untuk mencari jawabannya. “Untuk para wanita, di sini juga tersedia stan yang menjual peralatan rumah tangga,” tambahnya.
 
Khusus di PAHAMI Village, juga terdapat program promosi menarik yang hanya bisa dinikmati di sini. Program belanja berhadiah misalnya, berlaku bagi pengunjung yang membeli aksesori di tiga stan anggota PAHAMI, maka Ia dapat mengikuti lucky draw yang berhadiah seharga jutaan. “Jadi mungkin saja Anda Cuma belanja 500 ribu atau 700 ribu, tapi bisa dapat hadiah sampai seharga jutaan,” ujar Irwan. Contoh hadiah yang menarik di antaranya adalah paket sistem audio dari Venom yang bernilai Rp 5,5 juta, juga ada paket kaca film dari Huper Optic senilai Rp 7 juta.
 
Di luar program khusus tersebut masing-masing stan peserta di PAHAMI Village juga memiliki program promosi menarik lainnya. Di stan sistem audio Pioneer misalnya, mereka menawarkan paket sistem audio lengkap seharga Rp 4,122 juta yang sudah termasuk instalasi gratis dan kamera belakang. Sementara di stan sistem keamanan mobil No Doubt, mereka menawarkan paket spesial IIMS 2017 untuk pengamanan mobil yang dapat terhubung dengan smartphone. Mereka menawarkan paket No Doubt Smart Control Type-X dengan harga hanya Rp 3,2 juta selama IIMS 2017 berlangsung.
 
Dan berkat kerjasama antara IIMS 2017 dengan situs e-commerce terbesar di Indonesia, blibli.com. program pembelian produk aksesoris anggota PAHAMI juga dapat dilakukan melalui program blilbli Now yang dapat dicicil sampai 24 bulan dengan bunga 0%, jika transaksi dilakukan di IIMS 2017. Dengan blibli now, pembeli dapat mengambil barang yang dibelinya langsung di stan tempat transaksi.
 
Fun City Rally dan Retro Classics Contest & Show
Di hari ke-4 IIMS 2017 juga dilangsungkan Fun City Rally yang diselenggarakan bekerjasama dengan FK3O (Forum Komunikasi Klub dan Komunitas Otomotif). Rally wisata yang mengeksplorasi beberapa sudut wisata kota Jakarta ini diikuti oleh 110 starter dari lebih 40 klub dan komunitas yang ada di bawah FK3O. “Fun City Rally ini diselenggarakan untuk mempromosikan IIMS 2017 sekaligus mempererat tali silaturahmi antar anggota FK3O. Rute yang ditempuh tidak jauh, hanya sekitar 30 km, yang penting dapat memberikan kegembiraan bagi para peserta,” ujar Harry Suryadi, Presiden FK3O. Fun City Rally ini memberikan hadiah total Rp 10 juta untuk para pemenang.
 
Selain Fun City Rally, mulai hari ini (30/4) hingga hari Senin (1/5) besok, di Outdoor Area IIMS 2017 juga berlangsung Retro Classics Contest & Show. Tampak berbagai mobil klasik dan retro mulai tahun 1960-an hingga 1980-an yang dipamerkan di sisi barat Outdoor Area. Mobil-mobil ini tak sekedar tampil, namun juga akan mengikuti kontes dengan beberapa kategori, yaitu Original, Restoration, Custom, Rally Look dan Racing Look.
 
Dari 48 mobil yang tampil, tampak di antaranya adalah Volkswagen T-181 Kubelwagen 1976, Mercedes-Benz 200 W115 1974 USDM dan Daihatsu Taft F50 RV 1982 yang telah mendapatkan restorasi untuk ikut dalam kontes. Sementara di deretan mobil display terdapat sepasang mobil pemadam kebakaran Toyota Land Cruiser FJ45 dan FJ55 yang tampil orisinal.
 
Pada hari ketiga, Sabtu (29/4) kemarin, jumlah pengunjung IIMS 2017 mencapai 54.234 orang, sehingga total pengunjung selama tiga hari telah mencapai 111.633 pengunjung. “Pencapaian jumlah pengunjung hingga hari ketiga ini sangat menggembirakan. Kami optimis jika target pengunjung 450.000 di IIMS 2017 ini dapat dicapai,” ujar Hendra Noor Saleh, Direktur PT Dyandra Promosindo.