Setelah Telkomsel, Giliran Indosat Jadi Mangsa Hacker

30-04-2017 11:04:11 By Addo Richard
img

Jakartavenue - Dalam kurun waktu kurang dari satu minggu, setelah sebelumnya operator telekomunikasi selular 'TELKOMSEL' , kini giliran sbudomain milik 'Indosat Ooredoo' yang jadi korban kejahilan para peretas (hacker). Informasi ini diketahui dari setelah maraknya broadcast screenshoot yang beredar di media sosial, di mana tampak tampilan subdomain arena.indosatooredoo.com yang telah diretas. 

Serupa dengan Telkomsel,  untuk kasus Indosat, peretas menjahili subdomain dari situs web Indosat, yakni arena.indosatooredoo.com. Jenis peretasannya tidak jauh berbeda. Si hacker mengganti tampilan situs web, atau biasa dikenal dengan istilah deface, milik Indosat.

Sang hacker pun meninggalkan pesan khusus."Ngerasain kan gimana kena hack? Tetap ganteng aja min, ra usah saling sindir, sesama provider saling support ae. Tanpa kalian kita bisa apa? Tanpa internet, langsung merana, kasian joblo yang kesepian, yakan yakan."

"Tetap ganteng aja min. Ra usah saling sindir. Sesama provider saling support," tambahnya.

Namun, sedikit berbeda dari kasus Telkomsel, hacker meninggalkan nama tim di subdomain situs Indosat tersebut. Hacker menuliskan nama IndoXploit - Sanjungan Jiwa - J1oVal. Belum diketahui, apakah tiga nama tersebut merupakan satu tim atau tiga orang yang bekerja sama dalam kasus peretasan ini.

Indosat Ooredoo (lengkapnya PT Indosat Tbk., sebelumnya bernama Indosat) adalah salah satu perusahaan penyedia jasa telekomunikasi dan jaringan telekomunikasi di Indonesia. Perusahaan ini menawarkan saluran komunikasi untuk pengguna telepon genggam dengan pilihan pra bayar maupun pascabayar dengan merek jual Matrix Ooredoo, Mentari Ooredoo dan IM3 Ooredo,jasa lainnya yang disediakan adalah saluran komunikasi via suara untuk telepon tetap (fixed) termasuk sambungan langsung internasional IDD (International Direct Dialing).