Contoh Performa dan Creativitas Musisi Indonesia

29-04-2017 09:04:52 By Ganest Afliant
img

JakartaVenue | Dalam sebuah acara yang menjadi ajang pencarian bakat di sebuah televisi swasta, seringkali kita melihat banyak bermunculannya talent-talent baru yang sangat fenomenal penampilannya. Sebagai contoh belum lama ini sebuah acara ajang pencarian bakat “Rising Stars” yang disiarkan stasiun TV Swasta, muncul salah satu kandidat atau bakat music yang banyak mendapat pujian dan nilai tinggi yaitu ZerosiX park.

ZerosiX park adalah sebuah band anak muda yang berasal dari Samarinda, Kalimantan Timur. Saat terbentuk pertama di tahun 2010, grup band ini beranggotakan 5 personel antara lain Yeski (drum), Nida (keyboard), Akbar (gitar), Aldi (vokal), dan Denny (bass). Nida merupakan satu-satunya personil wanita di grup band ini, yang juga suka tampil sebagai vokalis bersama Aldi. Nama band yang bila pertama didengar terasa aneh ini sebenarnya bukan hanya asal menamakan saja, tetapi ada sejarahnya. Aldi sang vokalis kala ditanya apa makna dari nama ZerosiX park oleh salah satu juri mengatakan, bahwa nama band ini diambil dari nomor rumah sang nenek dan taman didepannya yang selama ini dijadikan tempat mereka berkumpul.

ZerosiX park (Zxp) semua personilnya tidak pernah mendapatkan pendidikan music secara formal. Di Samarinda sendiri event band sangat sedikit, mungkin hanya parade atau lomba festival band. Pada kenyataanya Zxp besar dari situ, Zxp hampir selalu menjuarai festival band yang diikutinya baik di kota Samarinda maupun tingkan se Kalimantan Timur. Puncak Zxp menjuarai ajang Asix Road to Java Jazz Regional Kalimantan di Pontianak dan berhak tampil di International Java Jazz Festival, sehingga Zxp merupakan band pertama Kalimantan yang bisa tampil di Java Jazz dan Event International pertama kali dalam sejarah. Begitu juga pada bulan Oktober 2011, Zxp keluar sebagai juara pertama Lomba Band Pemuda Nasional di Jakarta, yang mana seluruh peserta waktu itu dikumpulkan dari seluruh Indonesia.

Pada tanggal 25 April 2012 Zxp memutuskan untuk hijrah ke Jakarta dengan tujuan meningkatkan karier bermusik ketahap yang lebih serius. Meninggalkan keluarga dan sekolah adalah pilihan berat yang harus diambil demi meraih cita-cita mereka. Selama satu tahun di Jakarta Zxp sendiri sudah tampil di beberapa even besar maupun kecil. Dalam perjalanan kariernya Zxp pernah mengeluarkan mini album yang terdiri dari 6 buah lagu, namun sejatinya Zxp tidak hanya terpaku atau mengusung satu genre saja bagi kami semua aliran musik itu indah tergantung dari sisi mana kita memandangnya, dan kami juga beranggapan musik itu universal dan tidak harus dibatasi oleh genre. Oleh karena itu kami memilih untuk memainkan musik yang sesuai dengan hati nurani kami tanpa dibatasi dengan mind set genre.Mereka berharap agar penikmat musik tanah air dapat merasakan apa yang kami rasakan lewat musik yang kami mainkan.

Penulis: Chintya
Foto: Istimewa