Hati-hati! Wanita Mudah Terkena Serangan Jantung Mematikan Pasca Menopause

29-04-2017 05:04:09 By Iwan Inkiriwang
img

JakartaVenue | Serangan jantung adalah salah satu penyakit mematikan, bahkan karena terjadinya mendadak disebut dengan silent killer. Lebih parahnya penyakit ini kebanyakan menyerang laki-laki. Namun dari penelitian medis, ternyata saat memasuki masa atau pasca menopause perempuan lebih beresiko terkena serangan jantung. Bahayanya lagi untuk perempuan, saat menopause ini serangan penyakit jantung akan lebih mematikan.

“Pada perempuan tubuh mereka memiliki hormon esterogen, yang bermanfaat melindungi mereka dari serangan jantung. Namun ketika memasuki masa menopause hormon ini tidak diproduksi lagi oleh tubuh, sehingga disinilah rentannya wanita terkena serangan jantung,” demikian penjelasan dari Sekjen Perhimpunan Dokter Spesialis Kardioveskular Indonesia (PERKI), dr Yetty Sedyawan, Sp. Jp(K) seperti dilansir oleh klikdokter.com.

Sekali lagi JV Readers, wanita yang menopause tak hanya rentan terhadap resiko terkena atau mengidap penyakit jantung namun saat terserang maka resiko mematikannya akan lebih besar dari laki-laki. Pada laki-laki diusia 45 tahun, pria sudah beresiko terkena serangan jantung, sedangkan pada wanita diprediksi saat usia 55 tahun. Itupun perhitungan secara ilmu kedokteran, lain lagi jika kita berbicara ajal maka serangan jantung dapat kapan saja menyerang kita.

Perlu diketahui bahwa wanita menopause yang dapat menjaga dan memperhatikan faktor kesehatan dipercaya dapat sedikit mengurangi atau mencegah mengidap penyakit serangan jantung. Selain itu juga faktor pola makan harus di jaga, seperti mengurangi asupan gula dan garam.