Gak Berani Pake Tanktop Karena Ketiak Hitam? Atasi dengan Cara Ini

28-04-2017 12:04:50 By Addo Richard
img

JakartaVenue | Bagi sebagian orang, khususnya kaum wanita memiliki kulit ketiak hitam merupakan mimpi buruk, alhasil tanktop hanya terjajar rapih dilemari pakaian, atau sekedar dipakai tidur. Belum lagi ketika merencanakan sebuah liburan di pantai, masa iya menggunakan kaos berlengan.? Tak bisa dipungkiri, ketiak hitam menjadi salah satu faktor penting dalam hal mengurangi rasa pede seseorang.

Kulit ketiak hitam ini dapat disebabkan oleh banyak hal, bisa karena sering mencukur rambut ketiak, gesekan antara ketiak dengan pakaian, iritasi deodorant, kondisi hormonal, kehamilan, diabetes, bakteri, penyakit, atau kelebihan berat badan. 

Berikut cara mengatasinya ;

  1. Jika kulit ketiak hitam disebabkan oleh terlalu sering mencukur bulu ketiak, hal tersebut bisa diatasi dengan memilih deodorant yang lembut dan mengandung bahan pelembap yang membantu mempercepat proses pengelupasan alami kulit dan menghilangkan kulit ketiak hitam. Selain itu, kamu juga bisa mengganti metode penghilang bulu ketiak dari mencukur ke waxing.
  2. Kulit ketiak hitam juga bisa disebabkan karena kelainan yang disebut acanthosis nigricans. Pada acanthosis nigricans, kulit akan menebal dan berubah warna jadi gelap. Munculnya pun tidak hanya di ketiak, tapi juga bisa di leher dan sekitar pangkal paha. Kulit ketiak hitam karena acanthosis nigricans bisa dihilangkan dengan mengobati penyebab atau akar masalahnya, yaitu menurunkan berat badan jika obesitas; minum obat untuk memperbaiki kadar hormon; operasi, kemoterapi, atau radioterapi untuk kanker, atau mengganti obat yang dikonsumsi.
  3. Kulit ketiak hitam juga bisa dialami oleh ibu yang sedang mengandung. Hal ini kemungkinan dipicu oleh perubahan hormon selama kehamilan yang merangsang peningkatan produksi melanin (zat yang memberi warna pada kulit, rambut, dan mata) untuk sementara. Tak perlu khawatir, dalam waktu tertentu, kulit akan kembali normal
  4. Jika kulit ketiak hitam disebabkan oleh infeksi bakteri, lain lagi cara penanggulangannya. Bakteri Corynebacterium minutissimum dikenal dapat menghasilkan bercak cokelat gelap di ketiak. Bakteri yang biasanya ditemukan pada kulit ketiak dan selangkangan ini tumbuh subur ketika tubuh mengalami perubahan kimia, misalnya ketika kita berkeringat. Cara menghilangkannya pun cukup mudah, yaitu dengan mengoleskan salep antibiotik atau minum obat antibiotik, tentunya setelah berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter ahli kulit.
  5. Hiper pigmentasi juga menjadi faktor lainnya, hal ini disebabkan karena tubuh memproduksi hormon melanin sangat banyak, dan untuk kasus ini anda bisa konsultasikan dengan dokter kulit.