Rahasia Dibalik Kelezatan Coto Makassar

24-04-2017 03:04:43 By Iwan Inkiriwang
img

JakartaVenue | JV Readers pecinta kuliner sejati, tim JakartaVenue ingin mengajak kalian mengunjungi Pulau Sulawesi. Tepatnya Sulawesi Selatan yang beribukota Ujung Pandang atau Makassar. Ini adalah tanah leluhur dari Bapak Jusuf Kalla (JK), Wakil Presiden Indonesia saat ini. Namun yang tim JakartaVenue maksud bukan jalan-jalan ya guys…tapi kita akan lihat sebuah masakan khas dari Makassar. Masakan itu adalah Coto Makassar, sesuai dengan namanya makanan ini berkuah dan namanya sesuai dari tempat asalnya.

Coto Makassar atau Coto Mangkasara adalah makanan khas tradisional dari Makassar, Sulawesi Selatan. Terdiri dari jeroan atau isi perut sapi/kerbau dan daging, yang direbus dalam waktu yang lama. Setelah direbus jeroan lalu diiris-iris kemudian dicampurkan dengan bumbu yang sudah diracik secara khusus. Kemudian saat dihidangkan harus dalam keadaan panas dimangkuk, lalu santap bersama ketupat atau bisa juga buras.

Awalnya Coto Makassar ini hanya ada di tempat asalnya saja, hanya seiring berkembangnya jaman di Jakarta pun JV Readers bisa dengan mudah menemukan kuliner asli Makassar ini. Menurut pengamatan dan data yang ada, di Jakarta kurang lebih ada enam resto yang menawarkan kuliner ini. Salah satunya adalah Restoran H. Mamink Tata yang berada dikawasan tebet. Peminat Coto Makassar di Jakarta lumayan banyak, terbukti setiap jam makan siang restoran ini terlihat penuh dengan pengunjung.

Jadi Bagi JV Readers yang suka sekali dengan makanan khas Makassar ini tak perlu jauh-jauh ke Ujung Pandang lagi. Selain rasanya yang lezat, harganya pun terjangkau. Selain Coto Makassar, JV Readers yang memang menyukai makanan dari Makassar juga dapat mencoba Pallubasa. Hampir mirip dengan Coto Makassar, hanya penyajiannya bersama dengan nasi putih. Selamat mencoba!