Jangan Sepelekan Tertawa, Berikut Manfaatnya yang Bikin Kalian Terkejut

22-04-2017 03:04:09 By Addo Richard
img

JakartaVenue | Berbeda dengan bentuk komunikasi lainnya, misalnya berbicara, tertawa dilakukan tanpa sadar. Seseorang secara refleks akan tertawa jika ada pemicunya. Yang jadi pemicu biasanya adalah sesuatu yang lucu atau yang membuat bahagia. Tetapi, kadang-kadang manusia tertawa bukan karena sesuatu yang lucu. Serupa dengan menangis, tertawa terjadi secara spontan, begitu saja. Jadi, sangat sulit untuk tertawa jika dipaksa. 

Namun ada sebuah fakta menarik, meski ddilakukan secara spontan, tertawa ternyata memiliki kontribusi dalam hal kesehatan. Jangan sepelekan hal ini, berikut manfaat tertawa bagi kesehatan ;

  1. Merubah Bad Mood menjadi Good Mood :  Mood yang buruk akan bepengaruh pada aktivitas seseorang. Mendadak jadi pemalas dan pemarah adalah ciri orang terkena bad mood. Ketika orang dilanda bad mood dan ada yang bisa membuatnya tertawa, orang tersebut akan berubah moodnya menjadi lebih baik.
  2. Mencegah Stress :  Hormon penyebab stress tidak akan menyerang orang yang perasaannya selalu gembira dengan tertawa. Saat tertawa hormon penyebab stress seperti epinephrine dan juga cortisol akan menurun saat Anda tertawa.
  3. Melancarkan Aliran Darah : Dengan tertawa, otot dan pembuluh darah akan merengangg. Dengan begitu peredaran darah menjadi lancar.
  4. Membakar Kalori : Kalori merupakan sesuatu yang bisa membuat tubuh menjadi gemuk dan tidak sehat. Manfaat yang ajaib dari tertawa adalah ternyata tertawa bisa membakar kalori yang ada di dalam tubuh kita. Tidak tanggung-tanggung, kalori yang dibakar sebanyak 10-40 kalori dalam 15 menitnya.
  5. Mencegah Kanker : Menurut penelitian yang dilansir dari boldsky.com, tertawa bisa mengurangi stres yang pada gilirannya bisa mencegah produksi sel-sel T yang menyebabkan kanker.
  6. Menyehatkan Jantung : Saat tertawa, otot diafragma di dalam jantung juga ikut bergerak. Akibatnya adalah otot diafragma jantung yang ikut bergerak akan membuat jantung lebih sehat.

Luar biasa bukan manfaat dari tertawa,? bagikan informasi ini kepada orang-orang yang kalian sayangi. 

Tertawa juga bisa menyebabkan orang lain ikut sehat bersama kita. Alasannya adalah sebagai berikut :

- Tidak mungkin kita tertawa sendiri, pasti kita tertawa bersama teman-teman.
- Dengan kita tertawa, kita bisa menularkan tertawa kita kepada orang lain.
- Dengan tertawa bersama kita, stres yang mereka alami akan hilang. Sehingga mereka juga ikut sehat.