Kartini Sekarang Bermacam-macam, Inilah Sosok Kartini Modern Yang Menginspirasi

21-04-2017 11:04:18 By Iwan Inkiriwang
img

JakartaVenue | Hampir dua abad Raden Ajeng Kartini (R. A. Kartini) meletakan pondasi kesetaraan atau persamaan kedudukan antara kaum wanita dan kaum pria di tanah air Indonesia. Hingga saat ini pesan tersebut semakin nyata, dengan banyaknya kaum wanita Indonesia yang bahkan nyaris dapat menduduki posisi-posisi strategis baik di sektor bisnis, maupun dalam pemerintahan negara. Bahkan bukan hanya di dua sektor diatas saja, melainkan hampir disetiap sektor apa saja.

Berikut beberapa wanita Indonesia yang sudah menginspirasi dan dapat dikatakan sebagai perwujudan “Kartini” modern, yaitu:

Susi Pujiastuti

Sosok wanita karir yang saat ini duduk didalam pemerintahan Presiden Jokowi ini adalah seorang wanita yang hanya sempat mengecap pendidikan tingkat Sekolah Dasar (SD). Namun pendidikan yang minim ini bukan menjadi halangan baginya untuk mngukir prestasi spektakuler hingga saat ini menduduki posisi sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia. Sebelum menduduki posisi ini, Susi sudah menunjukan prestasi yang membanggakan dengan memiliki sejumlah usaha yang salah satunya adalah SUSI AIR. Sebuah maskapai penerbangan domestik di Indonesia.

Najwa Shihab

Wanita yang dikenal sebagai Host atau presenter sebuah acara talkshow dengan rating tertinggi disebuah televise swasta tanah air. Najwa Shihab adalah anak dari Quraisy Shihab, mantan Menteri Agama era Orde Baru ini dikenal sangat berani dan lugas dalam berinteraksi dengan siapa pun yang menjadi narasumbernya di acara Mata Najwa yang dibawakannya.

Diana Rikasari

Dara kelahiran Jakarta yang menggeluti dunia fesyen ini juga layak disebut sebagai Kartini modern dengan sejumlah prestasi dan kreativitasnya. Melalui usaha yang dimilikinya saat ini Diana sudah menginspirasi banyak wanita Indonesia untuk dapat berbuat sesuatu bagi orang-orang disekitarnya dengan mengadakan berbagai kegiatan bakti sosial untuk membantu anak-anak kurang mampu yang ingin melanjutkan pendidikan.

Eka Sari Lorena Soerbakti

Kartini berikutnya adalah Eka Sari Lorena Soerbakti, seorang pengusaha berdarah Karo yang menjadi CEO disebuah perusahaan jasa angkutan Lorena Group yang juga menjabat sebagai direktur di PT Ryanta Mitra Karina dan PT Prima Sari Boga. Eka Sari Lorena Soerbakti ingin menyampaikan pesan kepada masyarakat bahwa wanita juga bisa menjadi seorang pemimpin.

Reisa Kartikasari

Seorang dokter yang juga mantan Putri Indonesia 2010, saat ini sering terlihat di layar kaca sebagai host dari sebuah acara kesehatan.

Tri Rismaharini

Sosok terakhir ini juga sangat fenomenal dan populer bukan hanya di Surabaya saja, tetapi juga seluruh nusantara pasti mengenal Tri Rismaharini yang lebih dikenal dengan sapaan Ibu Risma. Ibu Risma saat ini menjabat sebagai walikota Surabaya, dikenal bawahan dan warganya sebagai sosok wanita yang tegas dan berwibawa. Beliau tak sungkan-sungkan menegur pengusaha, bawahannya, bahkan warganya yang tidak taat dengan peraturan yang ada. Tetapi dibalik semua sikap tegasnya, Ibu Risma juga dikenal sebagai sosok yang mengayomi.

Inlah beberapa wanita spektakuler dan menginspirasi banyak wanita di Indonesia. Mereka seolah ingin menyampaikan pesan bahwa wanita Indonesia dapat berkarya, pintar, dapat memimpin, dan tegas namun tetap lemah lembut dan mengayomi sebagaimana kodrat mereka sebagai wanita.