Perankan Sosok Kartini, Berikut Makna Hari Kartini Bagi Dian Sastro

21-04-2017 02:04:29 By Addo Richard
img

JakartaVenue - Presiden Soekarno mengeluarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia No.108 Tahun 1964, tanggal 2 Mei 1964, yang menetapkan Kartini sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional sekaligus menetapkan hari lahir Kartini, tanggal 21 April, untuk diperingati setiap tahun sebagai hari besar yang kemudian dikenal sebagai Hari Kartini.

Raden Adjeng Kartini (lahir di Jepara, Jawa Tengah, 21 April 1879 – meninggal di Rembang, Jawa Tengah, 17 September 1904 pada umur 25 tahun) atau sebenarnya lebih tepat disebut Raden Ayu Kartini adalah seorang tokoh Jawa dan Pahlawan Nasional Indonesia. Kartini dikenal sebagai pelopor kebangkitan perempuan pribumi dan menginspirasi wanita Indonesia.

Lalu, apa sih makna hari Kartini bagi seorang Dian Sastro yang memerankan sosok Kartini dalam film dengan judul yang sama, ? Dikutip dari Kapanlagi, berikut ungkapan Dian,"Makna hari Kartini buat aku adalah di mana dalam satu hari itu kita diajak untuk memperingati banyaknya dobrakan-dobrakan yang sudah dibuat dan dipelopori oleh ibu Kartini,"

"Salah satu hal yang dikritik oleh Kartini adalah pakem Jawa. Wanita tersebut merasa hal itu kontraproduktif dengan kehidupan masyarakat. Hasil dari berbagai perjuangan Kartini pun bisa dilihat sampai sekarang. Misalnya pemisahan kasta hirarkis antara kaum ningrat dan rakyat biasa. sekarang kan kita nggak ngalamin lag. Misalnya pemisahan kasta hirarkis antara kaum ningrat dan rakyat biasa. sekarang kan kita nggak ngalamin lagi,"

"Begitu juga dengan kesetaraan gender, semua manusia baik laki-laki maupun perempuan merasakan pendidikan formal di sekolah. Sekarang kita semua sudah punya kebebasan bersekolah semestinya tidak menyia-nyiakan kesempatan itu," ungkap Dian.