"Hedgehog" Si Kecil Berduri yang Gemesin

16-04-2017 07:04:22 By Ganest Afliant
img

JakartaVenueLandak merupakan hewan pengerat (Rodentia) yang mempunyai rambut yang tebal serta berbentuk duri tajam. Landak dapat ditemukan di Asia, Afrika, hingga Amerika, serta mempunyai kecenderungan menyebar di kawasan tropika. Landak adalah hewan pengerat terbesar ketiga bila dilihat dari segi ukuran tubuh, yaitu sesudah kapibara dan berang-berang. Landak berbentuk agak "membulat" dan tidak terlalu lincah jika dibandingkan dengan tikus. Sebab rambut durinya, hewan lain yang mirip tapi bukan pengerat, seperti Landak Mini (hedgehog) dan landak semut (Echidna), juga dikenali sebagai "landak".

Landak mini mempunyai kebiasaan yang unik. Jika sedang takut atau terancam bahaya, hewan mungil ini bisa menggulungkan tubuhnya menjadi bola duri. Tentu saja karena landak mini mempunyai tubuh yang berduri. Terutama bagian punggung badannya. Adapun bagian kaki, muka, dan perut tidak berduri.

Landak mini bukanlah hewan pengerat seperti landak biasa. Dia merupakan hewan pemakan serangga. Akan tetapi sebagai binatang peliharaan, landak mini biasanya diberi makan ulat hongkong atau juga makanan kucing yang kering.

Landak Mini mempunyai bentuk badan oval dengan ukuran badan antara 15 centimeter - 20 centimeter, dan berat sekitar 200 gr - 600 gr. Hampir seukuran dengan marmut, umumnya landak mini betina mempunyai ukuran badan lebih besar dibanding jantan. Beberapa landak mini bisa tumbuh besar hingga 700 gr - 900 gr.

Landak Mini termasuk hewan "nocturnal" atau hewan yang aktif pada malam hari, pada siang hari landak mini cenderung menyembunyikan dirinya ditempat-tempat gelap. Dikarena kebiasaannya yang menyukai bersembunyi disiang hari, maka pada tempat pemeliharaanya kita bisa membuatkan "shelter" sebagai tempat untuk landak mini bersembunyi.