Jangan Buang Kulit Pisang, Berikut Manfaatnya yang Bikin Kamu Tercengang

16-04-2017 12:04:38 By Addo Richard
img

Jakartavenue - Pisang mempunyai kandungan gizi sangat baik, antara lain menyediakan energi cukup tinggi dibandingkan dengan buah-buahan lain. Pisang kaya mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, besi, dan kalsium. Pisang juga mengandung vitamin, yaitu C, B kompleks, B6, dan serotonin yang aktif sebagai neurotransmitter dalam kelancaran fungsi otak.

Dari fakta diatas sudah dapat ditarik kesimpulan bahwa buah pisang memiliki banyak kandungan gizi yang baik dan diperlukan tubuh, namun ternyata tak hanya daging dari buah pisang saja yang memiliki manfaat bagi kesehatan, kulit dari buah pisang ternyata juga memiliki banyak manfaat yang tak hanya bagi kesehatan namun juga kecantikan.

Penasaran, apa saja sih manfaat daun pisang yang konon bisa bikin anda tercengang,? berikut manfaat daun pisang bagi kesehatan dan kecantikan ;

1. Menghaluskan kulit wajah : Masalah kulit wajah yang kering dan kasar juga bisa diatasi dengan kulit pisang. Caranya yaitu anda lembutkan kulit pisang hingga lembut, kemudian anda jadikan kulit pisang tersebut sebagai masker wajah, anda bisa menambahkan madu alami, oleskan pada kulit wajah anda setiap hari selama beberapa minggu maka anda akan merasakan perubahan pada kulit anda, kulit anda akan menjadi halus dan lembut.

2. Mengobati jerawat : Kulit pisang juga bisa anda gunakan untuk mengatasi kulit berjerawat. Bagi anda yang memiliki masalah kulit yang berjerawat anda bisa memanfaatkan kulit pisang, caranya yaitu anda gosokan kulit pisang bagian dalam pada kulit wajah anda yang berjerawat secara halus dan lembut. Setelah penggunaan rutin jerawat akan hilang dengan sendirinya. Untuk hasil yang maksimal disarankan untuk mengoleskan kulit pisang pada wajah di malam hari

3. Memutihkan Gigi : Kulit pisang di dalamnya memiliki zat magnesium, mangan dan potassium. Kandungan-kandungan ini memiliki fungsi untuk membuat lapisan email pada gigi menjadi lebih putih. Bukan hal sulit untuk memanfaatkan kulit pisang agar dapat membuat gigi menjadi lebih putih, Anda hanya perlu menggosok bagian dalam kulit pisang secara melingkar gerakannya.

4. Mencerahkan kulit wajah : Memiliki kulit wajah yang cerah dan cantik merupakan dambaan semua wanita. Namun untuk mendapatkan hal tersebut tidaklah mudah anda perlu melakukan berbagai perawatan. Salah satu perawatan yang bisa anda peraktekan yaitu dengan menggunakan kulit pisang. Dengan kulit pisang anda tak perlu mengeluarkan uang untuk melakukan perawatan, kulit pisang bisa anda dapatkan secara geratis. Selain itu kulit pisang juga tidak memiliki efek samping yang tentunya sangat aman untuk anda gunakan.

5. Mengobati Luka : Kulit pisang bisa dimanfaatkan untuk mengobati luka. Penggunannya hanya dengan menempel atau menggosok secara perlahan kulit pisang pada bagian tubuh yang mengalami luka.

6. Obat Alami Penyakit Psoriasis : Psoriasis merupakan sebuah jenis penyakit berupa gejala sisik berwarna keperakan pada kulit, yang juga bisa disertai munculnya warna merah, dimana hal ini menimbulkan rasa perih atau gatal pada penderitanya. Jika mengalami kondisi demikian, maka usahakan sebisa mungkin untuk tidak menggaruk karena beresiko menimbulkan bintik pendarahan yang bisa membuat semakin sakit rasanya. Untuk mengatasinya, Anda bisa memanfaatkan kulit pisang, caranya dengan menggosokkan secara pelan-pelan kulit pisang pada bagian kulit yang mengalami psoriasis.

7. Mengobati Jerawat : Kulit pisang dapat Anda gunakan untuk kesehatan dan keindahan, karena di dalam kulit pisang terdapat nutrisi vitamin B, vitamin C, vitamin B6, fosfor, zat besi, magnesium, dan kalium. Manfaat kandungan ini mampu untuk menghilangkan jerawat. Kandungan antioksidan dan anti jamur yang terkandung pada kulit pisang berfungsi untuk meminimalisir kelebihan minyak pad wajah, dan mencegah iritasi pada jerawat. Manfaat ini juga untuk menghilangkan bekas jerawat.