Kisah Pembawa Berita si Cantik Najwa Shihab

15-04-2017 11:04:58 By Ganest Afliant
img

JakartaVenue | Najwa Shihab atau sering dipanggil dengan nama Nana adalah seorang Presenter Berita yang sangat berbakat di stasiun televisi Metro Tv. Najwa lahir di Makasar, 16 September 1977. Nana adalah puteri kedua dari Mentri Agama era Kabinet Pembangunan ke 7 yaitu Quraisy Shihab. Kini dari hasil pernikahannya dengan Ibrahim Aseegaf , Nana dikaruniai seorang putra yang bernama Izzat Aseegaf yang sekarang berusia 14 tahun.

Najwa pernah menjadi mahasiswi di Fakultas Hukum UI pada tahun 2000. Waktu SMA Nana pernah dipilih menjadi peserta program AFS, dan di Indonesia program tersebut dilakukan oleh Yayasan Bina Antarbudaya di Amerika Serikat selama setahun. Awal karirnya dimulai dari bergabung dengan stasiun televisi RCTI, dan kemudian di tahun 2001 ia lebih memilih bergabung dengan stasiun televisi Metro Tv.

Banyak penghargaan yang sudah diraih oleh Nana, diantaranya : Ditahun 2005 Nana mendapat penghargaan dari PWI Pusat dan PWI Jaya atas laporan-laporannya dari Aceh saat terjadi Tsunami dikawasan Aceh pada tahun 2004. Kemudian ditahun selanjutnya yaitu tahun 2006 Nana dipilih menjadi Jurnalis terbaiknya Metro Tv, dan menjadi salah satu nominasi Pembawa Berita Terbaik di Panasonic Awards. Ditahun selanjutnya lagi yaitu 2007 ia dipilih lagi untuk masuk nominasi Pembawa Berita Terbaik di Panasonic Awards , dan ia juga masuk kedalam 5 besar pada ajang Asian Television Awards dalam kategori Best Current Affairs/Talkshow Presenter, dan pengumuman pemenangnya dilaksanakan di Singapura pada bulan November 2007.

Di 2008 awal ia terbang ke Australia sebagai pemenang Full Scholarship for Australian Leadership Awards. Nana juga bertekat bahwa ia akan medalami dunia hukum media. Tidak berhenti disitu saja ditahun 2010 Nana kembali masuk nominasi Pembawa Berita Terbaik di Panasonic Awards, Walaupun akhirnya dimenangkan oleh Putra Nababan.

Nana sangat gemar membaca buku dank arena kegemarannya tersebut , saat ini selain menjadi presenter berita Najwa juga terpilih sebagai Duta Baca Indonesia yang dipilih langsung oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia untuk masa kerja 2016-2020.

Penulis: Chintya
Foto: Istimewa