Menonton Seremoni Pergantian Penjaga Istana

13-04-2017 10:04:03 By Ganest Afliant
img

JakartaVenue | Bosan dengan pengalaman wisata yang ada? Mungkin, yang satu merupakan ini bisa jadi salah satu selingan yang berbeda yaitu menonton seremoni pergantian pasukan jaga Istana Kepresidenan Republik Indonesia.

Setiap harinya, Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres) yang juga memiliki tugas menjaga keamanan Istana ini melakukan seremoni. Dan sejak tahun lalu, pergantian pasukan jaga Istana Kepresidenan, lengkap dengan seremoni serah terimanya, telah menjadi objek atraksi wisata baru bagi masyarakat luas.

Seremoni pergantian pasukan jaga Istana Kepresidenan tersebut merupakan kegiatan rutin Paspampres. Seremoni dilangsungkan setiap bulan di hari Minggu pekan ke dua. Dimulai pukul 08.00 WIB di halaman depan Istana Merdeka.

Kegiatan tersebut dimulai pukul 08.01 WIB. Satu regu Paspampres yang akan bertugas keluar dari pintu sisi kanan Istana. Kemudian disusul satu regu Paspampres yang telah rampung bertugas. Mereka lalu keluar dari pintu utama Istana. Dalam prosesi tersebut, kedua regu sempat menampilkan sejumlah atraksi, seperti mengecek senjata, mengecek amunisi, kerapian seragam, hingga lempar senjata.

Pergantian pasukan jaga Istana Kepresidenan ini merupakan sebuah langkah dari pemerintah untuk semakin mendekatkan diri dengan rakyat sekaligus memberi kesempatan luas bagi masyarakat untuk sesekali menikmati suasana pagi di sekitar Istana.

Istana Kepresidenan Republik Indonesia menyimpan nilai sejarah perjalanan bangsa Indonesia yang dapat disaksikan oleh rakyat dan merupakan tempat bagi Presiden untuk menggerakkan roda pemerintahan.

Sekedar informasi, Istana Kepresidenan, Jakarta memiliki tiga tempat yang biasa digunakan Presiden dalam menjalankan kegiatannya, diantaranya Istana Merdeka, Istana Negara dan Kantor Presiden.

Istana Merdeka biasanya digunakan untuk penyelenggaraan acara-acara kenegaraan, antara lain Peringatan Hari Kemerdekaan, upacara penyambutan tamu negara, penyerahan surat-surat kepercayaan duta besar negara sahabat.

Istana Negara juga digunakan untuk pelantikan pejabat-pejabat tinggi negara, pembukaan musyawarah dan rapat kerja nasional, serta untuk tempat menjamu bagi tamu dalam jumlah besar.

Sementara, Kantor Presiden biasanya digunakan untuk Presiden menggelar rapat terbatas dengan jajaran kabinetnya. Selain itu, di Kompleks Istana Kepresidenan juga terdapat Wisma Negara, Kementerian Sekretariat Negara, Kantor Sekretaris Kabinet dan Kantor Sekretaris Militer dan juga Kantor Staf Kepresidenan.