Kejuaraan Barongsai International segera Berlangsung di Living World Alam Sutera

13-04-2017 02:04:58 By Addo Richard
img

JakartaVenue | Kesenian Barongsai mulai populer pada zaman dinasti Selatan-Utara (Nan Bei) tahun 420-589 Masehi. Kala itu pasukan dari raja Song Wen Di kewalahan menghadapi serangan pasukan gajah raja Fan Yang dari negeri Lin Yi. Seorang panglima perang bernama Zhong Que membuat tiruan boneka singa untuk mengusir pasukan raja Fan itu. Ternyata upaya itu sukses hingga akhirnya tarian barongsai melegenda hingga sekarang.

Bicara tentang Barongsai, kali ini Living World - Alam Sutera, Tangerang akan menggelar pertandingan Barongsai International bertajuk, "Living World All Star International Lion Dance Championship 2017" yang akan melibatkan 12 tim 'Best of the Best' dari 6 negara yang antara lain China, Hongkong, Malaysia, Australia dan Indonesia yang akan memperebutkan hadiah total sebesar $ 15.000.

Jannywati Hartini selaku Direktur Living World dalam jumpa pers, Selasa (11/4) kemarin menyampaikan, "pertandingan ini kembali kami adakan, dimana sebelumnya kami telah sukses mengadakan pertandingan Barongsai internasional pada 2013 dan 2014 lalu. Pertunjukan barongsai yang merupakan kesenian dan olahraga asli Tiongkok kini telah menjadi bagian dari olahraga dan kebudayaan Indonesia serta selalu menjadi favorit, khususnya para pengunjung Living World," ungkapnya.

Sekjen FOBI (Federasi Olahraga Barongsai Indonesia) juga menambahkan, "Pertandingan ini diadakan bukan hanya untuk mencari prestasi, tetapi juga ajang silaturahmi antar pemain-pemain barongsai dan juga sebagai ajang pemersatu Bangsa. Kejuaraan ini akan dinilai oleh juri lokal dan internasional dimana yang menjadi kriteria penilaian adalah bentuk dari Barongsai, kerjasama antar pemain, langkah-langkah, musik, ekspresi serta tingkat kesulitan.

kejuaraan  "Living World All Star International Lion Dance Championship 2017" ini akan berlangsung pada 23 - 24 April 2017 mendatang. Selain menikmati pertunjukan Barongsai, para pengunjung Living World juga bisa memilih juara favorit dengan melakukan voting saat kejuaraan berlangsung. Pengunjung juga berkesempatan mendapatkan hadiah menarik dari Living World berupa gadget dan voucher belanja.