8 Tempat Wisata Bekasi yang Bisa Bikin Kamu Kaget

12-04-2017 09:04:04 By Ganest Afliant
img

JakartaVenue | Kota Bekasi yang belum lama ini pernah menjadi bahan bully-an di media sosial ternyata mempunyai pesona tersendiri. Meski selama ini dikenal sebagai kota yang semrawut, macet dan bau, Bekasi yang masuk dalam wilayah Jawa Barat menyimpan ‘hidden gem’ yang menarik untuk didatangi bersama sahabat atau keluarga di akhir pekan nanti.  Apa saja sih wisata yang ada di Bekasi yang bisa menjadi alterntif liburan? Berikut tempat wisata di Bekasi yang bisa kamu kunjungi:

  1. Taman Buaya Indonesia Jaya

Ini merupakan kompleks penangkarang buaya yang berada di daerah Serang, Cikarang, Kabupaten Bekasi. Di penangkaran ini, Anda bisa melihat atraksi pawang yang bermain dengan buaya ataupun atraksi pawang memberikan makanan buaya setiap hari Minggu dan hari libur.  Koleksi buaya di taman ini yang terbanyak adalah Buaya Sumatera. Namun, Anda juga dapat melihat buaya Albino, Buaya Buntung, Buaya Muara, Buaya Irian, Buaya Air Payau dari Kalimantan.

  1. Danau Marakash

Danau ini terletak di perumahan  Pondok Ungu, Bekasi Utara. Ini merupakan salah satu tujuan wisata keluarga yang banyak dikunjungi ketika akhir pekan tiba. Tak hanya menikmati pemandangannya saja, di sini, Anda bisa memancing, mencicipi kuliner di deretan warung sekitar atau berburu souvenir.

  1. Klenteng Hok Lay Kiong

Klenteng Hok Lay  Kione merupakan salah  satu klenteng tertua di Bekasi.  Tak ada yang tahu pasti kapan tepatnya klenteng di  Jalan Kenari, Margahayu, ini dibangun. Namun, diperkirakan sudah berdiri sejak 300-400 tahun silam.  namun diperkirakan klenteng ini sudah berdiri sejak 300 – 400 tahun yang lalu. Klenteng ini pun sudah melakukan beberapa kali renovasi, namun beberapa  bagian dari klenteng seluas 650 meter persegi ini masih dijaga ke aslinya seperti  pintu, patung dewa, altar dan juga tiang penyanggah.  Tak hanya menjadi tempat sembahyang  umat Kong Hu Cu, Buddha dan Taoisme saja, klenteng Hok Lay Kiong juga menjadi salah satu tempat wisata yang banyak dikunjungi.  ini juga menjadi salah satu tempat wisata di Bekasi yang banyak dikunjungi.

  1. Hutan Kota

Bekasi yang dikenal dengan kawasan pemukiman dan industrinya ini ternyata juga memiliki sebuah hutan kota yang tak kalah nyaman dan sejuk.  Berlokasi di  Desa Margahayu, Bekasi Selatan, tempat wisata satu ini telah menjadi objek wisata sejak 2012 silam. Layaknya hutan, udara di tempat wisata seluas 2 hektar ini memiliki udara yang relatif sejuk. Kegiatan yang bisa Anda lakukan antara lain piknik, bersepeda dan melihat penangkaran burung merpati dan kutilang.

  1. Rumah Pohon

Rumah pohon bisa menjadi alternatif wisata lain saat berkunjung ke Bekasi. Terletak di  Jalan Raya Parpostel, Jatiasih, Bekasi, wisata satu ini sangatlah cocok dikunjungi keluarga. Di sini, berbagai permainan outbound seperti flying fox, wall climbing, paintball sampai kolam tangkap ikan hingga arena balita tersedia. Sebagai wisata alam, saat Anda berkunjung kesini, Anda haruslah  menjaga kesegaran udara sehingga bagi pengunjung yang ingin merokok telah disediakan ruang khusus agar tidak mengganggu pengunjung yang lain.

  1. Curug Parigi

Lokasinya tersembunyi, sehingga tak banyak orang yang tahu. Namun destinasi Curug Parigi sudah populer sejak tahun 2000an awal. Banyak masyarakat yang datang ke sini untuk sekedar menikmati gemericik air yang menangkan hati atau berenang melepas penat. Berada di antara rimbunan pepohonan dan harmoni arus sungai seperti tak berada di Bekasi, kota industri yang padat. Letaknya di Jalan Vila Nusa Indah V, Bantar Gebang, 10 menit dari Pasar Bantar Gebang dan 5 menit dari SMA 2 Bekasi. Jalur yang dilalui cukup mudah sehingga untuk mencapai Curug Parigi, tak harus menggunakan kendaraan bermotor. Berjalan kaki sembari menikmati pemandangan yang masih asri akan menjadi sebuah relaksasi tersendiri. Perlu diingat bahwa tingkat keindahan panorama Curug Parigi amat ditentukan oleh jumlah debit air yang mengalir. Maka waktu yang tepat singgah ke sini adalah ketika musim penghujan. Tapi Anda tetap harus mawas diri tatkala menginjak bebatuan di sungainya.

  1. Muara Gembong

Jika Jakarta memiliki Taman Wisata Alam Mangrove Angke Kapuk, maka Bekasi memiliki Muara Gembung. Hutan mangrove yang begitu indah dan masih alami. Seperti melihat sisi lain Bekasi yang menghipnotis. Muara Gembong telah dijadikan tempat wisata edukasi bagi wisatawan yang ingin mengenal mangrove dari A hingga Z. Selain itu keberadaan Lutung Jawa Trachypithecus Auratus Mauritius yang sering menampakkan diri menjadi sebuah objek menarik. Jika ingin ke sini, jaraknya sekitar 70 km dari pusat kota, atau sekitar 2 jam perjalanan menggunakan mobil.

  1. Pantai Muara Beting

Pasir putih kecokelatan yang lantai, itulah Pantai Muara Beting. Jika Anda adalah pecinta pantai, maka singgahlah ke sini terutama di sore hari karena perpaduan langit dan lanskap pantai begitu menakjubkan. Saat yang tepat untuk datang ke Pantai Muara Beting adalah sekitar September – Februari, sebab pada bulan-bulan tersebut terjadi migrasi burung dari kawasan Pasifik ke daratan Cina yang singgar sebentar ke sini. Pantai Muara Beting berdekatan dengan Muara Gembok. Dari pusat kota memakan jarak tempuh 2 jam.

Penulis: zacrafter
Foto: Istimewa