Kisah Bernardus Prasodjo dan Gambar di Kaleng Biskuit Khong Guan

12-04-2017 04:04:53 By Ganest Afliant
img

JakartaVenue | Anda semua pasti sudah familiar dengan biskuit yang populer dan banyak beredar apalagi pas lebaran. Ketenaran biseuit tersebut hingga sekarang tak pernah bisa hilang dari hati masyarakat Indonesia. Dibalik ketenarannya ada satu yang menjadi perbincangan sampai dibuat parodi gambarnya atau meme, yaitu gambar pada kemasan kaleng biskuit tersebut.

Namun tahukah Anda siapa yang melukisnya dan bagaimana ceritanya gambar itu ada pada kaleng biskuit Khong Guan? Adalah Bernardus Prasodjo, seorang pria yang pernah mengenyam pendidikan di Fakultas Seni Rupa Institut Teknologi Bandung, namun tak sampai lulus karena kesibukannya. Bernardus juga diketahui sempat bekerja di majalah musik dan mengisi rubrik komik strip.

Bernardus adalah orang yang melukis gambar sebuah keluarga di meja makan yang hingga kini masih dapat kita jumpai pada kaleng Khong Guan. Putranya yang bernama Andreas Prasadja mengungkapkan hal tersebut pada akun Facebook-nya berikut foto sang ayah yang sedang memegang kaleng biskuit Khong Guan.

Gambar kaleng biskuit fenomenal tersebut pertama kali muncul pada tahun 1971. Berawal pada saat Bernardus bekerja di sebuah perusahaan separasi warna di Jakarta. Pada saat itu perusahaan tempatnya bekerja mendapat order untuk membuat atau mengerjakan ilustrasi kaleng biskuit Khong Guan. Sebetulnya ide untuk membuat gambar itu bukan dari Bernardus, melainkan berasal dari perusahaan tempat Ia bekerja.

Bernardus hanya melukis kembali dari foto hitam putih yang dipesan oleh yang punya biskuit tersebut. Gambar Ibu bersama dua anak yang duduk mengitari meja makan itu dilukis secara manual oleh Bernardus dengan menggunakan cat air di atas kertas dan mulai digunakan sejak tahun 1971 hingga sekarang.