Pengungkapan Tentang Lemon, No.9 dan 10 Bikin Melotot

12-04-2017 10:04:51 By Ganest Afliant
img

JakartaVenue | Jeruk lemon sering kita jumpai di supermarket ataupun pasar-pasar. Bila kita bertemu dengan keluarga jeruk yang satu ini, biasanya yang terlintas di pikiran kita adalah membuat jus lemon atau lemon tea lalu diberi es dan diminum saat siang hari, dan hampir dipastikan setiap tegukannya akan menghasilkan kesegaran juga menghilangkan haus.

Cukup berkhayal membayangkan kesegaran es teh lemon atau jus lemon pelepas dahaga. Lepas dari fungsi lemon sebagai minuman yang menyegarkan, buah lemon ternyata memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Berikut manfaat buah lemon:

1. Menjaga Kesehatan Mulut

Lemon bisa menghilangkan masalah bau pada mulut yang disebabkan dari berbagai penyakit dan kondisi gusi. Selain itu juga bisa digunakan untuk membersihkan gigi. Jus lemon bisa meredakan sakit gigi dengan menerapkan pada gigi yang sakit.

2. Mengatasi Kulit Kering

Daerah yang rawan mengalami kulit kering biasanya adalah lutut dan tumit. Potongan jeruk lemon bisa mengatasi masalah ini, dengan cara menggosokan potongan lemon pada daerah yang bermasalah tersebut. Biarkan hingga meresap ke kulit dan setelah itu tidak perlu dibilas.

3. Sebagai Masker Pencerah Kulit

Memiliki masalah wajah berminyak sangat mengganggu penampilan tentunya. Wajah terlihat mengkilap karena terlalu banyak minyak. Nah lemon juga bisa bermanfaat untuk mengatasi masalah tersebut. Dengan mencampurnya bersama madu, lalu dioleskan pada wajah sebagai masker untuk menjadikan kulit wajah cerah dan lebih segar. Gunakanlah secara rutin masker lemon ini agar mendapatkan hasil yang  optimal.

4. Mengatasi Ketombe

Kesaktian lemon bukan hanya untuk tubuh atau wajah, tapi juga sampai kepala. Sari jeruk lemon yang dicampurkan dengan minyak zaitun kemudian dioleskan ke rambut atau kepala sambil dipijat-pijat lalu diamkan selama 15 menit dan bilas dengan conditioner akan membuat ketombe berkurang.

5. Menjaga dan Melancarkan Pencernaan

Karena mengandung asam sitrat, maka jika meminum lemon hangat dapat merangsang sekresi asam lambung. Asam sitrat akan berinteraksi dengan enzim juga asam lainnya dan melancarkan pencernaan.

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Buah lemon banyak mengandung banyak vitamin C yang bermanfaat menjaga dan meningkatkan system kekebalan tubuh dari berbagai serangan serta gangguan dari bakteri, kuman, jamur, virus dan parasit.

7. Menstabilkan Tekanan Darah

Seperti pisang, lemon pun mengandung kalium yang dapat mengontrol bahkan menurunkan tekanan darah tinggi sehingga sangat baik dikonsumsi oleh penderita penyakit jantung dan hipertensi.

8. Membuang Racun Tubuh

Tubuh kita setiap hari menerima berbagai macam makanan dan minuman termasuk juga zat-zat yang terkandung dalam asupan tersebut ikut diterima tubuh. Dari sekian banyak yang dikonsumsi tidak semua mengandung zat yang baik tapi juga terdapat racun didalamnya. Dengan mengkonsumsi jus lemon dapat membuang racun yang menumpuk dalam tubuh kita dan bersama sisa metabolism lainnya.

9. Menghilangkan Sisa Radiasi Kemoterapi

Lemon memiliki 22 senyawa anti kanker yang dapat menghambat pertumbuhan tumor kanker. Bagi penderita kanker, setelah radiasi dan kemoterapi lemon mampu menghilangkan sisa radiasi dan memurnikan darah.

10. Mengatasi Kanker Lebih Efektif

Penyakit yang satu ini sangat berbahaya apalagi tidak ditangani sejak dini. Dalam beberapa decade terakhir para ilmuwan banyak mengembangkan penelitian tentangnya (lemon). Dari sejumlah penelitian tersebut menunjukan bahwa ekstrak lemon memiliki khasiat untuk menghancurkan sel-sel ganas dalam berbagai jenis kanker di tubuh yang diantaranya termasuk kanker usus, kanker payudara dan kanker paru-paru. Di beberapa penelitian yang lain juga terungkap bahwa lemon mampu menghancurkan kanker dengan efektif dibanding kemoterapi.

Sumber: Berbagai sumber
Foto: Istimewa