Ini Teknologi CGI dalam Film yang Menipu Penonton

11-04-2017 09:04:24 By Ganest Afliant
img

JakartaVenue | Teknologi perfilman dunia telah mengalami perkembangan yang signifikan dari masa ke masa, yang teranyar adalah Computer Generated Imagery (CGI). Teknologi komputer ini memungkinkan film terbaru tampil begitu maksimal dan memukau dengan kualitas action yang tidak mungkin dilakukan oleh manusia biasa.

Tapi bagaimana jika teknologi ini mulai masuk untuk “menipu” penonton dalam artian lebih jauh? Penggemar film pasti belum lupa dengan sosok Paul Walker dalam  Fast & Furious 7. Kita semua tahu Paul Walker atau Brian O'Conner meninggal dunia saat proses pembuatan film.

Banyak kalangan bertanya-tanya bagaimana sosok Paul Walker bisa hidup kembali? Nah, disini peran teknologi CGI berperan. Sosok Paul Walker bisa dihidupkan kembali dengan memanfaatkan teknologi yang sangan canggih yaitu teknologi CGI.

Sang Sutradara, James Wan, membuat sosok Brian O’Conner diperankan oleh dua saudaranya Paul Walker, yang bernama Cody dan Caleb Walker pada beberapa adegan yang diambil setelah meninggalnya Paul Walker.

Dengan berbagai teknik CGI yang dilakukan, wajah dari kedua saudara Paul Walker ini dibuat sedemikian rupa agar mirip wajah Paul Walker sehingga penonton seolah-olah tetap melihat Paul Walker yang asli.

Sementara itu, pemanfaatan teknologi CGI bukan hanya monopoli film Hollywood, film dalam negeri pun ikut menggunakan efek ini. Selain the Raid, sebenarnya cukup banyak film Indonesia yang memakai CGI.

Tapi, penggunaannya nggak sebesar film-film Hollywood. Misalnya, film action comedy Comic 8: Casino Kings Part 1 (2015) dan Part 2 (2016) yang digarap sutradara kondang Anggy Umbara.

Lalu film Bangkit yang hadir sebagai warna dan peletup semangat baru di dunia film tanah air. Hadir dengan teknologi CGI membuat film ini tak kalah canggih seperti film-film hollywood. Sama dengan di luar negeri, teknologi CGI di Indonesia dimanfaatkan untuk program TV, layanan masyarakat, marketing property, video games, bahkan modul pembelajaran loh.

Pengaplikasiannya sangat banyak dalam kehidupan sehari-hari. Tapi, akhir-akhir ini, di Indonesia, CGI dalam dunia perfilman sedang diberi perhatian khusus.

Penulis: zacrafter
Foto: Istimewa