Terkait Pesan 212 di Komik X-Men, Pesan Rahasia Bukan Hal Baru

10-04-2017 04:04:26 By Ganest Afliant
img

JakartaVenue | Jagad media sosial khususnya twitter saat ini sedang diramaikan oleh kontroversi pesan terselubung di komik Marvel terbaru, X-Men Gold #1. Komik X-Men terbaru terbitan Marvel Comics dirudung kontroversi karena beberapa pesan yang disisipkan oleh Ardian Syaf, seorang ilustrator Indonesia.

Ardian Syaf membubuhkan beberapa pesan yang terkesan mendukung Aksi Bela Islam GNPF-MUI dalam komik X-Men Gold #1 yang baru dirilis beberapa hari lalu. Kesan dukungan terhadap Aksi Bela Islam disusupkan dengan menorehkan angka 212 dan 51 di panel atas. Selain itu Ardian juga memberi salah satu X-Men, Colossus, sebuah kaos bertuliskan QS 5:51 yang mengacu kepada Surat Al Maidah ayat 51.

Sebenarnya, apa yang dilakukan komikus Tulungagung Jawa Timur bukan hal baru di dunia seni rupa. Menyelipkan pesan-pesan ideologi terselubung dalam sebuah karya seni sudah dilakukan para komikus dalam waktu lama.

Di Komik terbitan Marvel yang lain, Captain America 3. Dalam satu adegan di halaman komik tersebut, musuh Captain America menyinggung soal peristiwa G30SPKI yang pecah pada tahun 1965.Dalam komik itu, musuh Captain America menyebut ada keterlibatan Negeri Paman Sam dalam peristiwa G30SPKI 1965.

Postingan halaman komik itu diunggah setelah komika Ernest Prakasa melalui akun Twitter miliknya @ernestprakasa, berkicau soal keterlibatan CIA soal peristiwa G30SPKI.

Lalu, dari dunia kartun. Bagi penggemar film Spongebob mungkin tidak menyangka bahwa sering kali dalam penayangannya terselip pesan terselubung. Salah satunya dalam episode ini squidward ikut dalam suatu perkumpulan rahasia yang hanya di datangi oleh cumi-cumi tertentu. Tetapi lihatlah gambar di topi anggota klub itu gambar mata satu yang dianggap sebagai simbol iluminati.

Penulis: zacrafter
foto: Istimewa