Serial AS Tampilkan Peran Wanita Berhijab, Dibanjiri Pujian

05-04-2017 07:04:05 By Ganest Afliant
img

JakartaVenue | Ketika Islamophobia marak di Amerika Serikat setelah terpilihnya Donald Trump sebagai presiden ke 45, simbol-simbol Islam seperti hijab pun menjadi sorotan. Ditengah-tengah kekhawatiran soal kebijakan anti Muslim Trump, banyak masyarakat yang lebih peduli dan menunjukan aksi solidaritasnya ke umat Muslim.

Salah satunya adalah drama Grey’s Anatomy. Serial televisi yang tengah popular di negeri Paman Sam ini menampilkan karakter yang menggunakan hijab. Ini merupakan penampilan petama wanita berhijab di serial televisi jaringan televise ABC.

Dalam episode 18 season 13, bukan hanya satu tapi dua wanita berhijab berperan sebagai dokter serta perawat. Drama terkait dunia medis yang diperankan serta disutradarai oleh Ellen Pompeo itu menampilkan sosok wanita berjilbab menggunakan scarf berwarna. Seperti salah satu dokter yang menggunakan kerudung biru dililitkan secara simpel.

Kehadiran dokter berhijab dalam episode berjudul 'Be Still, My Soul' itu memang dilakukan dengan sengaja untuk menunjukkan keragaman. Sejak awal drama ditayangkan, Grey's Anatomy memang menampilkan aktor dan aktris dengan latar belakang budaya dan ras berbeda-beda. Namun belum pernah memperlihatkan sosok wanita berhijab.

Meski hanya menampilkan wanita berhijab sebagai pemeran pembantu, namun keputusan pembuat Grey's Anatomy menampilkan dua wanita berhijab tersebut mendapat sambutan hangat di media sosial, salah satunya adalah lewat Twitter.

''Terima kasih untuk penampilan dokter dan perawat berhijab di Grey's Anatomy. Sebagai Muslimah, saya sangat menghargai hal itu,'' cicit salah satu penonton Gray's Anatomy, Ragdae Dachan, seperti dikutip News18, Rabu (5/4).

Selain itu, ada pula pujian untuk sang sutradara, Ellen Pompeo. Ini merupakan episode perdana Ellen menyutradarai Grey's Anatomy. ''Pertama kali Ellen Pompeo menyutradarai episode Grey's Anatomy dan menampilkan perawat dengan hijab. Sangat mencintai hal itu,'' tulis akun bernama Emhack.

Atas hal ini, Ellen lewat akun Twitter resminya menjawab,''Terima kasih sudah memperhatikan hal itu. Itu memang disengaja untuk bagian saya.''

Penulis: zacrafter
Foto: Istimewa