Amankah Penggunaan Cream Pada Bayi?

04-04-2017 10:04:01 By Iwan Inkiriwang
img

JakartaVenue | Cuaca ekstrim dan juga tak menentu yang belakangan terjadi banyak membuat gelisah para ibu. Selain itu wabah penyakit yang banyak berdampak pada kesehatan anak-anak, bagi kaum ibu yang memiliki anak bayi ini merupakan pekerjaan rumah tambahan. Bagaimana tidak? Ibu-ibu yang biasanya menjemur bayinya pada pagi hari, belakangan ini banyak yang mengeluh dengan teriknya matahari. Apalagi yang sering membawa bayi mereka bepergian. Karena sinar matahari yang biasanya diperlukan untuk membantu pertumbuhan tulang, sesuai anjuran dokter kini lebih terasa menyengat dikulit.

Oleh karena itu ada beberapa ibu yang melakukan berbagai cara agar bayi mereka tidak tersengat panasnya sinar matahari, salah satunya dengan menggunakan cream pelindung kulit dari panas sinar matahari atau biasa dikenal dengan sunblock. Seperti diketahui sunblock atau cream biasanya digunakan orang dewasa untuk melindungi kulit saat berada di luar ruangan dari sengatan sinar matahari yang mengandung ultraviolet. Sinar matahari yang menghasilkan ultraviolet ini biasanya terjadi sekitar pukul 09.00 pagi hingga pukul 16.00 sore.

Permasalahannya amankah penggunaan cream atau sunblock terhadap bayi? Mengutip klikdokter.com yang dilansir dari American Academy of Pediatric (AAP), menjelaskan bahwa sunblock boleh digunakan pada bayi yang berumur 6 bulan keatas. Untuk sunblock-nya pun harus yang SPF 15 atau lebih. Kenapa? Karena sunblock memiliki SPF (unsur tabir surya sebagai perlindungan kulit) yang berbeda-beda. Semakin tinggi SPF-nya maka semakin baik perlindungannya pada kulit.

Bayi/anak-anak memang butuh sinar matahari, namun juga butuh perlindungan untuk kulitnya dari sengatan sinar matahari yang mengandung ultraviolet. Hal ini untuk melindunginya (bayi) dari iritasi atau resiko kanker kulit, karena kulit bayi ataupun anak-anak lebih tipis dari orang dewasa. Nah untuk bayi yang belum berusia 6 bulan dianjurkan mengenakan baju lengan panjang atau jaket, sarung tangan dan kaos kaki, serta topi.