Menteri Susi dan Hobi Paddleboarding

04-04-2017 09:04:38 By Ganest Afliant
img

JakartaVenue | Belakangan dunia maya diramaikan dengan foto Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti sedang minum kopi diatas papan yang biasa digunakan saat bermain olahraga Paddleboard. Foto yang beredar luas diambil saat Susi melakukan kunjungan kerja ke daerah Ambon, Pemilik Susi Air ini menyempatkan diri ke Pantai Lubang Buaya untuk menyalurkan hobinya ini.

Lantas apa sih olahraga Paddleboad ini? Paddleboarding terbilang asing di telinga orang, tetapi sebenarnya olahraga ini sudah dipopulerkan oleh orang hawaii pada tahun 1940, sampai akhirnya pada tahun 2000an olahraga ini kembali tenar.

Konsep dari Paddleboarding ini adalah bermain surf di air yang tidak berombak dengan menggunakan dayung untuk melaju, lebih baik lagi dilakukan menggunakan papan yang khusus dibuat untuk Paddleboarding.

Pioner dari Paddleboard ini adalah suatu perusahaan yang menciptakan papan surfing bernama Star Board. Papan Paddleboard ini keseluruhannya terbuat dari kayu, termasuk dayungnya. Uniknya dari perusahaan ini dia langsung mendistribusikan papannya ke konsumen. Jadi bisa menikmati papannya dengan kualitas yang sangat baik.

Ada tiga ukuran papan Paddleboard yang ada, ukuran 14 Foot mengalahkan ukuran Stock dan Unlimited karena kegunaannya yang lebih luas.

Olahraga ini nggak kayak selancar yang mengandalkan angin kencang dan ombak yang dahsyat. Paddleboard tidak bisa kalau ada angin besar dan juga tak perlu ombak yang besar. Dan olahraga satu ini tidak hanya bisa dilakukan di laut tetapi juga bisa di danau.

Meski di dalam negeri belum terlalu popular namun Indonesia memiliki banyak spot yang cocok untuk bermain Paddleboard. Beberapa diantaranya adalah Pulau Sumba, Hutan Mangrove, Nusa Lembongan, Bali, Kampar River, Riau (Bono Tidal Bore), Komodo Island, Pacitan, Sungai Cokel dan Pantai Lubang Buaya di Ambon tempat Menteri Susi menghabiskan waktu bermain paddleboard.

Penulis: zacrafter
Foto: Istimewa