Punya Masalah Wasir? Atasi dengan Cara Berikut

04-04-2017 03:04:32 By Addo Richard
img

JakartaVenue | Wasir atau ambeien adalah penyakit dimana dibibir anus mengalami pembengkakan, bila sudah parah atau stadium atas penderita sering kali keluar darah. Gejala pertama penyakit wasir atau ambeien ini adalah muncul benjolan kecil disekitar anus yang bila tidak diobati dengan segera akan bertambah besar dan sering mengalami pendarahan. 

Menurut data Depkes pada tahun 2008, prevalensi hemoroid di Indonesia setidaknya 5,7 persen dari total populasi atau sekitar 10 juta orang. Menurut data WHO tahun 2008, jumlah penderita wasir atau hemoroid di seluruh dunia adalah sekitar 230 juta orang.

Penyebab-penyebab terjadinya wasir :

1. Terlalu lama duduk

Duduk terlalu lama bisa menimbulkan munculnya wasir, karena terlalu lama duduk membuat pelebaran pada bibir anus, yang bisa menyebabkan benjolan pada anus.

2. Sulit BAB

Sulit BAB bisa menyebabkan timbulnya wasir atau ambeien, karena kurangnya asupan air putih juga makanan berserat, sehingga wasir dengan mudah akan muncul.

3. Pola makan

Pola makan juga sangat mempengarui munculnya wasir, makanan yang sangat besar memicu timbulnya wasir adalah makanan yang kurang serat, karena makanan yang kurang serat membuat kita sulit BAB. Dan pencernaan kurang bagus sangat besar memicu terjadi wasir muncul.

4. Kurang konsumsi air putih

Kurangnya konsumsi air putih dapat menimbulkan munculnya wasir, karena kurang pada tubuh kita air membuat proses pencernaa terutama pada usus akan tersumbat.

Beberapa hal yang meningkatkan risiko Anda terkena hemoroid:

Sering mengangkat benda berat secara rutin, Usia semakin tua, yang membuat penopang jaringan tubuh menjadi semakin lemah, Batuk terus menerus atau sering muntah,Kelebihan berat badan, Memiliki riwayat kesehatan keluarga yang sakit hemoroid, Sering duduk dalam waktu lama, Sedang hamil, Sering melakukan hubungan seks melalui anus (anal intercourse).

Selain memriksakan diri ke dokter, anda juga dapat mengatasi wasir dengan bahan alami bawang putih. Bawang putih memiliki 4 efek penting dalam penyembuhan ambeien yaitu sebagai antibiotik, antioksidan, menghilangkan bekuan darah dan mengurangi tekanan darah.

Untuk hasil yang maksimal sebaiknya selain dioleskan pada wasir (topikal) dibarengi dengan mengkonsumsi pil bawang putih pada saat makan. Untuk wasir yang berada didalam, kupas bawang putih kecil kemudian dorong kedalam anus sebelum tidur. Pada saat BAB bawang putih ini akan keluar dengan sendirinya. Lakukan 3 ini kali seminggu untuk mengurangi iritasi, gatal dan rasa sakit ambeien. Untuk wasir yang berdarah jangan gunakan bawang putih karena dapat memperburuk kondisi yang sudah ada.