Penting Untuk Hijabers! Merawat Rambut Tetap Sehat Saat Berhijab

03-04-2017 12:04:23 By Ganest Afliant
img

JakartaVenue | Memakai hijab selain perintah agama tetapi juga menjadi gaya hidup saat ini. Dalam memakai hijab tentunya ada bagian dimana harus mendapat perhatian khusus. Seperti rambut contohnya, penting untuk diketahui bahwa memakai hijab tidak perlu takut membuat rambut Anda menjadi rusak, rontok, ataupun bau.

Seringkali ditemukan wanita berhijab tetapi kurang mendapat pengetahuan yang baik tentang bagaimana merawat rambut sehinngga timbul masalah seputar rambut. Memang bagian kepala khususnya rambut tidak akan terlihat oleh orang, namun dari sisi kenyamanan diri sendiri yang menjadi alasan kenapa harus menngetahui merawat rambut yang baik agar tetap sehat dan menjadi nyaman berhijab.

JakartaVenue telah merangkum dari berbagai sumber tentang merawat rambut yang baik untuk Hijabers, berikut informasinya:

Tidak Memakai Jilbab Saat Rambut Basah

Sehabis mandi atau berkeramas biasakan untuk mengeringkan rambut Anda terlebih dahulu sebelum memakai hijab. Memakai jilbab saat rambut basah dapat memicu berbagai masalah rambut seperti rambut rontok, banyak ketombe, gatal dan bau serta juga menjadikannya lepek. Jika sedang terburu-buru tidak mempunyai cukup waktu menunggu rambut kering, Anda bisa mengeringkan rambut memakai hairdryer.

Jangan Malas Berkeramas

Masalah juga bisa timbul pada rambut jika Anda malas untuk berkeramas. Dalam kondisi berhijab atau memakai jilbab, rambut cenderung lebih asam karena terkena keringat. Keringat yang mengendap tersebut jika dibiarkan akan memunculkan ketombe, maka baiknya setelah beraktivitas baiknya Anda keramas dan gunakanlah shampoo yang sesuai dengan rambut Anda.

Gunakan Jilbab yang Mudah Menyerap Keringat

Ketika membeli jilbab sebaiknya jangan hanya melihat dari sisi gaya atau modelnya yang bagus saja, tetapi juga perhatikan bahan yang digunakan. Pilihlan bahan terbuat dari katun agar mudah menyerap keringat. Seperti diketahui bahwa keringat yang megendap dapat menyebabkan timbulnya masalah pada rambut.

Konsumsi Makanan yang Cukup Nutrisi

Dalam menjaga kesehatan dan kebersihan rambut tidak hanya bisa dilakukan dari luar melainkan juga bisa dari dalam, yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang bernutrisi. Nutrisi penting untuk menjaga kesehatan rambut adalah makanan yang mengandung vitamin B-6, vitamin B-12, vitamin C, vitamin E dan juga protein. Kandungan tersebut ada dalam sayuran hijau, buah-buahan dan juga kacang-kacangan.

Jangan Gunakan Jilbab Warna Gelap Ketika Aktivitas Diluar

Anda yang menghabiskan banyak waktu atau beraktivitas diluar ruang dengan sinar matahari yang menyengat, jika menggunakan jilbab yang gelap akan menyerap banyak sinar matahari sehingga dapat membuat rambut cepat dan banyak berkeringat. Gunakanlah warna jilbab yang soft agar memberikan efek sejuk sampai ke kulit kepala.

Gunakan Masker Rambut Alami

Jangan malas-malas untuk merawat rambut agar kesehatan rambut tetap terjaga. Anda bisa merawatnya dengan menggunakan bahan alami untuk masker rambut seperti dari lidah buaya atau yang lainnya.