Wow, Serangga Ternyata Kuliner Yang Bernutrisi Selain Baik Untuk Kesehatan

03-04-2017 12:04:12 By Iwan Inkiriwang
img

 JakartaVenue | Para pecinta kuliner di Indonesia, khususnya Jakarta mungkin masih asing dengan kuliner yang satu ini. Beberapa negara dibelahan dunia malah ada yang menjadikannya sebagai makanan utama. Penasaran dengan kuliner yang tim JakartaVenue maksud? JV Readers mungkin akan langsung berasa mual begitu mendengarnya, ya kuliner yang tim JakartaVenue maksud diatas adalah masakan/makanan berupa olahan dari serangga.

Memakan serangga sebenarnya bukan hal aneh ataupun baru di Indonesia, karena beberapa daerah di Pulau Jawa juga banyak penduduknya yang mengkonsumsi serangga baik berupa lauk atau penganan. Sebut saja Yogyakarta, yang sebagian penduduknya banyak yang mengkonsumsi berbagai jenis serangga seperti laron, belalalng, jangkrik, bahkan tawon. JV Readers jangan salah menilai tentang serangga yang dijadikan lauk atau penganan ini dulu, karena dari sisi kesehatan ternyata selain berguna sebagai makanan serangga juga sangat bernutrisi.

Apa kelebihan dari serangga ini sebenarnya? Serangga dianggap mempunyai kandungan nutrisi. Mayoritas kandungan yang ada pada serangga adalah protein, lemak sehat, besi , kalsium, dan rendah karbohidrat. Bahkan organisasi pangan dunia, FAO mengklaim bahwa nutrisi pada serangga setara dengan daging sapi (dikutip dari klikdokter.com)

Selain karena bernutrisi, serangga juga mudah untuk dibudidaya dan ramah lingkungan. Ada sedikit kelemahan saat mengkonsumsi serangga yang yarus diperhatikan yaitu kebersihan dalam pengolahan, penyimpanan, dan proses pemasakan yang salah dapat mengakibatkan berbagai penyakit. Nah bagaimana dengan JV Readers? Tertarik untuk mencoba kuliner yang satu ini?