Kartini Modern Pecinta Otomotif

02-04-2017 11:04:51 By Iwan Inkiriwang
img

JakartaVenue| Berkembangnya industri otomotif di Indonesia memang sangat pesat, terlebih dalam lima tahun belakangan ini. Berbagai pabrikan selain berpacu dan bersaing dalam bisnis otomotif juga bersaing dalam desain dan inovasi yang terus berkembang. Berbicara mengenai industri otomotif bukan hanya jenis kendaraan roda empat saja, melainkan juga roda dua atau sepeda motor.

Dalam industri sepeda motor sendiri dengan adanya berbagai produk unggulan dan jenis dari setiap produsen membuat para penggunanya mengelompokannya dengan berbagai komunitas pecinta sepeda motor. Komunitas-komunitas ini biasanya identik dengan laki-laki, mulai dari komunitas sepeda motor jenis skuter, matic, hingga sport. Namun bukan berarti tidak ada wanita sama sekali, atau yang hanya membonceng saja. Di Jakarta ada juga beberapa komunitas yang anggotanya malahan khusus perempuan saja, salah satunya dikenal dengan nama komunitas Inuk Blazer Ladies Bikers Club (IBLBC).

Komunitas IBLBC ini terbentuk dan resmi berdiri pada tanggal 14 September 2005, yang mulanya sebagai niat mencari bibit-bibit pembalap wanita (otoasia.com). IBLBC juga dikenal sebagai komunitas wanita pertama di Indonesia ini juga berkembang bukan hanya mencari bibit-bibit pebalap wanita, tetapi juga melakukan berbagai kegiatan positif lain yang lebih dinamis.

Anggota dari komunitas IBLBC sendiri beragam latar belakang, mulai dari pembalap, anak sekolah, mahasiswi, karyawati, hingga ibu rumah tangga. Diterangkan Inuk Blazer, perintis berdirinya komunitas IBLBC yang juga seorang pebalap senior bahwa sebagai komunitas wanita mereka turut bertanggung jawab menggelorakan pentingnya keselamatan berkendara, khususnya para wanita.