Akibat April Mop, Peluncuran Gmail oleh Google Dianggap Lelucon

02-04-2017 07:04:00 By Addo Richard
img

JakartaVenue | Memasuki bulan April, ada salah satu perayaan 'April Mop', apa sih April Mop itu, ? dikenal dengan April Fools' Day dalam bahasa Inggris, diperingati setiap tanggal 1 April setiap tahun. Pada hari itu, orang dianggap boleh berbohong atau memberi lelucon kepada orang lain tanpa dianggap bersalah. Hari ini ditandai dengan tipu-menipu dan lelucon lainnya terhadap keluarga, musuh, teman bahkan tetangga dengan tujuan mempermalukan orang-orang yang mudah ditipu.

Di beberapa negara seperti Inggris dan Australia serta Afrika Selatan, lelucon hanya boleh dilakukan sampai siang atau sebelum siang hari. Seseorang yang memainkan trik setelah tengah hari disebut sebagai "April Mop". Namun di tempat lain seperti Kanada, Perancis, Irlandia, Italia, Rusia, Belanda, dan Amerika Serikat lelucon bebas dimainkan sepanjang hari. Hari itu juga banyak diperingati di dunia maya.

 Berikut serba-serbi April Mop di seluruh dunia ;

  1. Pada 1 April 1946, gempa bumi disertai tsunami membunuh 165 orang di Hawaii dan Alaska mengakibatkan dibuatnya sistem peringatan tsunami. Di Hawaii, tsunami ini dikenal dengan "Tsunami April Mop", karena banyaknya orang yang mati karena tidak percaya berita akan kedatangan tsunami tersebut.
  2. Peluncuran Gmail pada April 2004 oleh Google juga awalnya dianggap lelucon, karena Google memang terkenal sering memasang lelucon April Mop pada situs mereka.
  3. Tipuan "April Mop" di Kopenhagen, Denmark tahun 2001, yang menampilkan gerbong Stockholms Tunnelbana.
  4. Ternyata, April Mop itu sudah ada sejak masa Raja Constantine ribuan tahun yang lalu. Kebetulan Constantine itu adalah orang yang humoris dan saat itu ia mengundang dan memperbolehkan badut istana yang bernama Kugel untuk menjadi raja selama satu hari. Nah, karena menurut Kugel hari itu adalah hari yang paling tidak masuk akal bagi dirinya, maka sejak itu juga dia memilih 1 April itu sebagai Day of Absurdity. Lalu, kisah ini diterbitkan oleh seorang profesor sejarah bernama Joseph Boskin di media AP, dan ternyata ini pun hanya tipuan yang dibuat olehnya sebagai rangkaian dari April Mop.

Masih banyak lagi serba-serbi seputar April Mop yang berlangsung di berbagai negara, ada horor, konyol, dan berbagai fenomena lainnya.